Cara Mencegah Hepatitis Dengan Simple

Hepatitis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus. Gejalanya adalah peradangan atau pembengkakan pada hati. Penyakit hepatitis yang kita ketahui ada 5 macam, yakni hepatitis A, B, C, D dan E. Perbedaannya hanya terletak pada virus yang menginfeksinya. Penderita hepatitis sering tidak menyadari terjangkit penyakit ini. Namun begitu, pencegahan hepatitis bisa dilakukan dengan mudah.

Rajin mencuci tangan

Rupanya mencegah penyakit hepatitis bisa dilakukan dengan rajin mencuci tangan. Pasalnya, cuci tangan mampu membunuh virus penyakit, termasuk hepatitis. Anda bisa gunakan air mengalir dengan sabun. Selain itu, gunakan saja hand sanitizer dengan kandungan alkohol agar virus mati.

Bersihkan bahan makanan secara menyeluruh

Selalu cuci seluruh bahan makanan hingga bersih agar tidak terserang hepatitis. Biasanya hepatitis A lah yang sering menyerang karena makanan yang terkontaminasi. Selain itu, hindari juga mengonsumsi makanan mentah, terlebih jika tidak yakin sumbernya.

Jaga kebersihan

Selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar Anda. Pasalnya, tempat tinggal memang menjadi resiko akan penyakit hepatitis, terlebih hepatitis A dan E. Dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan akan mampu menghindarkan virus hepatitis.

Jangan sentuh toilet

Perlu diingat bahwa hepatitis bisa menular dari feses atau oral. Oleh karena itu, bagi Anda yang menggunakan toilet umum pastikan selalu membersihkan dudukan toilet tersebut. Namun, bagi Anda yang memiliki luka di bokong lebih baik hindari kontak dengan toilet tersebut. Pasalnya, sangat beresiko terinfeksi hepatitis. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet umum.

Hindari penggunaan barang bersamaan

Banyak dari kita yang suka sharing barang – barang pribadi. Padahal, hal tersebut merupakan kebiasaan tidak baik. Pasalnya, virus hepatitis bisa menular karena penggunaan barang pribadi secara bersamaan.

Ada beberapa barang pribadi yang tidak boleh digunakan secara bersamaan, seperti sikat gigi, lipstik, alat pencukur, pemotong kuku dan masih banyak lagi. Penggunaan barang tersebut kadang terjadi luka minor.

Sehingga akan ada darah pada alat tersebut dan terkadang tidak terlihat. Darah tersebutlah yang membuat virus hepatitis menular.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Cara Menghindari Keracunan Makanan Paling Mudah