Berikan ASI untuk Tumbuh Kembang yang Optimal
| Dilihat 431 Kali

Berikan ASI untuk Tumbuh Kembang yang Optimal

Berikan ASI untuk Tumbuh Kembang yang Optimal

Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi, khususnya bayi yang berusia dari 0-6 bulan, fungsinya tidak dapat tergantikan oleh makanan dan minuman apapun. Pemberian ASI adalah pemenuhan hak bagi setiap ibu dan anak.

Setiap minggu pertama bulan Agustus selalu diperingati Pekan ASI Sedunia. Pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan dan ASI lanjutan secara optimal hingga 2 tahun atau lebih merupakan hal mutlak untuk kesehatan bayi.

Pada tahun 2017, studi dari The Global Collective menunjukkan jika satu negara akan mengalami kerugian ekonomi sekitar $300 milyar pertahun dikarenakan rendahnya cakupan ASI Eksklusif yang berdampak pada meningkatnya risiko kematian ibu dan balita serta pembiayaan kesehatan akibat tingginya kejadian diare dan infeksi lainnya.

Keberhasilan menyusui adalah upaya bersama, membutuhkan informasi yang benar, dan dukungan kuat untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan ibu dapat menyusui secara optimal. Walaupun menyusui adalah keputusan ibu, tapi akan lebih baik jika adanya dukungan kuat dari para ayah, keluarga, teman, tempat kerja, dan masyarakat. Karena menyusui melibatkan ibu dan pendukung terdekatnya, sehingga sangat dibutuhkan perlindungan sosial orang tua yang adil gender terkait dengan menyusui.

dr. Kirana Pritasari, MQIH selaku Direktur Jenderal  Kesehatan Masyarakat menyatakan ”Dengan mendukung setiap ibu agar berhasil menyusui, akan berkontribusi pada pencegahan stunting, sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di masa mendatang”.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Menkes RI Menjemput Jemaah Haji di Bandara Soekarno-Hatta