Ayo, Ajak Anak ke Posyandu Rutin Setiap Bulan!
| Dilihat 2146 Kali

Ayo, Ajak Anak ke Posyandu Rutin Setiap Bulan!

Ayo, Ajak Anak ke Posyandu Rutin Setiap Bulan!

Anda sedang punya anak atau balita? Apakah anda sudah memeriksa kesehatan anak dan balita Anda? Kalau belum, sebaiknya anda melakukan pemeriksaan rutin kepada anak dan balita ke Posyandu.

Usia pertumbuhan balita dan anak sebelum memasuki usia 5 tahun harus diperhatikan dan dipantau melalui tindakan germas dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Pemeriksaan anak dan balita sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin sekali dalam sebulan ke Posyandu terdekat.

Pemeriksaan rutin kepada anak dan balita di bawah usia 5 tahun penting dilakukan karena untuk memantau kesehatan ibu dan anak, mengetahui apakah balita tumbuh sehat, mencegah gangguan pertumbuhan balita dan ibu akan memperoleh penyuluhan gizi pertumbuhan balita. Selain itu, pihak Posyandu juga dapat segera merujuk anak ke Puskesmas jika mengalami sakit demam, batuk, pilek dan diare, atau saat berat badan anak tidak naik dan berada di bawah garis merah.

Pemeriksaan anak usia 0 - 5 tahun terbagi menjadi beberapa tahapan. Pertama, pelayanan kesehatan anak dilakukan dengan penimbangan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar kepala anak, pemantauan aktivitas anak, pemantauan status imunisasi anak, pemantauan tindakan orang tua terhadap pola asuh anak, pemantauan permasalahan anak balita, dll.

Kedua, menuntun orang tua untuk mencatat hasil pengukuran dan pemantauan kondisi anak balita. Ketiga, penyuluhan terhadap pola asuh anak balita yang meliputi konseling, konsultasi, diskusi kelompok dan demonstrasi dengan orang tua/ keluarga anak balita.

Ketiga, memotivasi orang tua untuk melakukan pola asuh yang baik pada anak dengan prinsip asuh, asih, asah. Keempat, menyampaikan penghargaan kepada orang tua yang sudah melakukan pemeriksaan dan memintanya untuk datang kembali. Kelima, penyampaian informasi pada orang tua agar menghubungi petugas kesehatan jika terjadi permasalahan terkait anak balita. Keenam, melakukan pencatatan kegiatan yang sudah dilakukan di hari buka Posyandu.

Jadi, segera lakukan pemeriksaan terhadap anak dan balita secara rutin ke Posyandu, dan jangan lupa untuk membawa buku KIA nya.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Stunting Bukan Hanya Masalah Ilmu Kesehatan Saja