DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Bagaimana Tips untuk Ibu Bekerja Agar Pemberian ASI Eksklusif Mampu Jalan Terus?

Bagaimana Tips untuk Ibu Bekerja Agar Pemberian ASI Eksklusif Mampu Jalan Terus?

ASI merupakan sumber makanan terbaik bagi bayi usia 0-6 bulan. Pemberian ASI eksklusif dapat menunjang tumbuh kembang bayi yang optimal dan membuat bayi tidak mudah sakit. Pemberian ASI eksklusif juga meningkatkan kasih sayang antara ibu dan bayi. Mengingat beragam manfaat pemberian ASI bagi bayi, bagaimana kiat bagi ibu yang tetap bekerja setelah berkeluarga dan memiliki anak?

Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan oleh ibu pekerja agar dapat tetap terus memberikan ASI eksklusif bagi bayinya.

Ibu dapat mengatur waktu pemberian ASI bagi sang buah hati, misalnya pada pagi hari sebelum berangkat kerja, pada malam hari setelah pulang kerja, dan pada hari-hari libur. Hal ini juga dapat membantu produksi ASI tetap lancar. Saat di kantor, ibu dapat mengatur waktu tertentu untuk memerah ASI dan menyimpan ASI sesuai dengan teknik penyimpanan yang tepat. Pastikan ibu tetap beristirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga kuantitas dan kualitas ASI.

ASI dapat diperah dengan menggunakan tangan atau menggunakan alat pompa khusus baik yang manual maupun elektrik. Alat memompa ASI disarankan bagi ibu yang kesulitan memerah ASI dengan menggunakan tangan. Pastikan ibu mengetahui cara memompa ASI dengan benar sehingga tidak mempengaruhi kuantitas produksi ASI perah. Selain itu, upayakan ibu memerah ASI di tempat yang tenang dan nyaman. Ibu juga dapat menyusun jadwal rutin memompa ASI di sela aktivitas kantor. Dengan demikian, ibu pekerja dapat tetap memberikan ASI kepada sang buah hati dan menyediakan cadangan ASI perah selama bekerja di kantor.