Apa Manfaat dari ASI Eksklusif untuk Bayi Baru Lahir?

ASI (Air Susu Ibu) merupakan salah satu sumber asupan nutrisi yang pastinya dibutuhkan oleh bayi yang baru saja, dimana sifat ASI ini bersifat eksklusif karena pemberiannya berlaku untuk bayi yang baru lahir atau berusia 0 hingga 6 bulan. Pada fase ini perlu benar-benar diperhatikan tentang kualitas dan pemberian ASI agar tidak mengganggu proses perkembangannya selama 6 bulan pertama sejak HPL (Hari Pertama Lahir) yang merupakan periode emas pertumbuhan anak hingga nanti berusia 2 tahun. sehingga buah hati anda bisa hidup sehat.

Namun, tak sedikit diantara para ibu yang belum mengetahui secara keseluruhan jika ASI yang mereka berikan untuk buah hatinya memiliki banyak manfaat penting. Oleh sebab itu, berikut ini adalah beberapa manfaat dari ASI eksklusif untuk bayi baru lahir hingga menginjak usia 6 bulan dalam pandangan secara umum, antara lain :

  • ASI Eksklusif Membantu Proses Perkembangan Fisik dan Otak Bayi
    Pertama, salah satu manfaat luar biasa yang secara langsung terdapat dalam kandungan gizi dari ASI eksklusif dari setiap ibu adalah mampu membantu dan menunjang proses perkembangan untuk fisik dan otak bayi mereka masing-masing. Hal ini dikarenakan, pada usia 0-6 bulan tentu saja seorang bayi sama sekali tidak diizinkan untuk mengonsumsi asupan nutrisi apapun diluar ASI. Maka dari itu, selama 6 bulan berturut-turut tentu saja ASI yang anda berikan untuk buah hati akan sangat memberikan dampak besar dari pertumbuhan fisik dan pikirannya dalam beberapa bulan ke depan.

  • ASI Eksklusif Membantu untuk Mencegah Terserang Penyakit Tertentu
    Kedua, selain menjadi tolak ukur dan unsur terpenting dalam membantu dalam menunjang proses perkembangan dari fisik dan pikiran bayi rupanya ASI eksklusif yang diberikan oleh setiap ibu selama 6 bulan pertama rupanya memiliki manfaat dan peran penting lainnya, yaitu meningkatkan daya tahan tubuh bayi sehingga dapat mencegah terserang berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatan sang bayi.


Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Apa Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu Menyusui Pada 6 Bulan Pertama?