DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Jurus Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah

Jurus Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah

buahsayurMasa pertumbuhan anak merupakan satu masa yang menuntut orangtua harus dengan benar memperhatikan asupan gizi yang diterima oleh si kecil. Dalam hal ini, pastinya kita harus bisa memilih asupan gizi yang memang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Buah-buahan memang termasuk penting untuk menunjang kebutuhan asupan vitamin anak. Kandungan yang ada di dalam buah pun bervariasi tergantung jenis dari buah tersebut. Mengajarkan anak untuk mengkonsumsi buah dan sayur sangat penting, supaya kelak dia terbiasa untuk mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari guna memenuhi asupan tubuhnya. Lantas, bagaimana jika anak susah makan buah dan sayur?  

JURUS JITU ANAK MAU MAKAN BUAH DAN SAYUR 

  1. Sajikan buah dan sayur dengan potongan yang menarik 
    Hidangkan potongan buah dengan bentuk unik sehingga menarik perhatian anak.. Dari sini persepsi anak akan mulai berubah bahwa rupanya buah-buahan nggak “semengerikan” yang dia bayangkan selama ini. 
  2. Kenalkan Buah Yang Manis Terlebih Dulu 
    Jangan mengenalkan buah-buahan dengan tekstur keras, rasa yang asam, sepat atau kurang menarik pada anak. Buah-buahan dengan rasa manis umumnya lebih disukai anak. Pastikan untuk mengenalkan buah-buahan dengan rasa yang segar dan manis terlebih dahulu seperti semangka, pisang, atau pepaya.  
  3. Modifikasi Ke Bentuk Lain 
    Sajikan buah dan sayur dalam bentuk yang berbeda. Anak sering penasaran akan hal baru. Cara kreatif bisa menambah kegemaran anak dalam mengkonsumsi buah dan sayur. Misalnya, Anda dapat memodifikasi buah-buahan denga membuat sup buah, membuat sayuran menjadi puding, dan sebagainya.  
  4. Jangan Memberi Terlalu Banyak Jenis 
    Variasi dari jenis buah dan sayur yang diberikan kepada anak juga harus diatur. Jangan terlalu dekat dalam memberikan variasi. Misalnya, berikan rentang antara 7-10 hari untuk mengenalkan satu buah pada anak-anak atau bahkan bisa butuh waktu lebih dari sepuluh kali untuk mengenalkan satu jenis buah atau sayur, karena setiap anak memiliki kemampuan berbeda untuk mengidentifikasi rasa.  
  5. Ajak Si Kecil Berpartisipasi 
    Mengajak serta anak saat mempersiapkan buah dan sayur juga bisa dilakukan supaya anak lebih tertarik untuk mencoba memakan buah. Ajak anak untuk mengupas buah atau mencuci sayur, hal ini bermanfaat untuk mengajari anak dalam menyiapkan buah dan sayur yang akan ia konsumsi.  
  6.  Sisipkan di Bekal Makanannya 
    Konsisten dalam memberikan menu buah dan sayur pada si anak. Sebagai contoh, tambahkan buah ke bekal si anak. Ini bisa membuat dia rutin untuk mengkonsumsi buah-buahan. Variasinya pun bisa disesuaikan dengan kesukaan anak.  
  7. Perlihatkan Dengan Tindakan 
    Anak jadi malas makan buah dan sayur disebabkan karena banyak faktor dan salah satunya adalah karena dia jarang melihat Mamanya makan buah dan sayur.  

KONSUMSI SAYUR DAN BUAH SETIAP HARI, SEHAT DAN CERDAS PASTI!