Mudik Sehat dan Selamat

Saat ini bagi mereka yang sudah merencanakan mudik atau pulang kampung sudah mempersiapkan segala sesuatunya. Lebaran menjadi momen bagi mereka perantau untuk mudik bertemu orang tua dan saudara dikampung halaman. Oleh sebab itu, sangat penting bisa menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat mudik bisa tetap sehat dan selamat.

  • Memilih transportasi yang digunakan

Mudik di Indonesia sudah menjadi tradisi, sehingga nantinya akan ada jutaan orang yang akan mudik. Kita harus bisa memastikan kendaraan apa yang nantinya akan dipakai. Jika menggunakan transportasi umum pastikan sudah memiliki tiket. Lalu untuk kendaraan pribadi pastikan sudah dalam kondisi prima dan sudah dilakukan pengecekan di bengkel.

  • Mempersiapkan perjalanan

Sebelum pergi mudik, sudah bisa dipastikan kendaraan yang digunakan dalam kondisi prima sehingga bisa dikemudikan lebih nyaman dan selamat sampai tujuan. Selain itu, jangan lupa bawa peralatan perlindungan diri. Persiapkan tubuh dengan baik karena perjalanan jauh yang bisa menguras banyak tenaga. Istirahat yang cukup sebelum selama perjalanan, jangan lupa juga untuk mengecek kondisi kesehatan di pos kesehatan mudik yang banyak tersedia secara gratis.

  • Mewaspadai kelelahan

Perhatikan kondisi tubuh sebelum pergi. Pastikan tubuh dalam kondisi sehat dan bugar. Jika memilih perjalanan siang hari. Jangan memaksakan diri untuk terus berkendara. Lakukan istirahat dan juga minum air untuk menjaga tubuh dari dehidrasi. Jika melakukan mudik pada malam hari, jangan lupa istirahat jika sudah ngantuk, jangan memaksa untuk tetap berkendara.

  • Membawa Obat-obatan

Agar mudik tetap aman jangan lupa membawa obat sederhana seperti obat masuk angin, obat anti mual dan muntah, sakit kepala, alergi dll. Ini agar bisa menjadi pertolongan pertama ketika mengalami masalah kesehatan selama perjalanan.

  • Berkendara dengan aman

Ketika melakukan perjalanan, tetap patuhi rambu lalu lintas, jaga kecepatan berkendara. Jangan bawa barang yang melebihi muatan. Sebab keselamatan tetap nomor satu.

Dengan persiapan yang matang, tentu perjalanan mudik lebih sehat dan selamat. Sehingga bisa menikmati lebaran bersama keluarga di kampung halaman. Mudik aman dan sehat dambaan kita semua. Selamat mudik!



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Menyiapkan Menu Lebaran yang Sehat