DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Apa saja yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik?

Apa saja yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik?

mudikMasyarakat Indonesia memanfaatkan momen lebaran untuk pulang kampung atau mudik untuk bertemu orang tua dan sanak saudara. Namun perlu diketahui, setidaknya ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mudik terlebih lagi jika mudik menggunakan kendaraan jarak jauh.

Yang pertama adalah menjaga asupan makanan, sebelum melakukan perjalanan mudik kita harus memperhatikan asupan makanan yang masuk kedalam tubuh, apalagi jika memiliki riwayat penyakit tertentu. Konsultasikan ke dokter sebelum pergi mudik jika memiliki riwayat penyakit tertentu.

Perjalanan mudik yang jauh umumnya akan menguras energi baik menggunakan kendaraan atau menggunakan transportasi umum Sebaiknya Anda menjaga jumlah asupan sehari sebelum melakukan mudik. Hal ini berkaitan dengan stamin pengendara.

Yang kedua, Ketika perjalanan mudik, hindari minum minuman yang mengandung kafein dalam jumlah banyak. Kadar glukosa dalam tubuh juga harus tetap diperhatikan. Sebab dengan kadar glukosa tinggi juga bisa membuat tubuh menjadi cepat lemas.

Lalu selanjutnya adalah memperhatikan istirahat. hal ini kerap diabaikan oleh para pemudik. Jangan berkendara lebih dari 4 jam dalam satu hari atau lebih dari 150 km. hal tersebut agar bisa menjaga konsenterasi ketika mengemudikan kendaraan. Lakukan istirahat sejenak setelah merasa lelah.

Ketika istirahat pastikan keluar dari kendaraan agar bisa mendapatkan suasana baru. Ada baiknya istirahat dilakukan dengan tidur yang cukup. Selain itu cek juga kendaraan, ini sangat penting karena menyangkut masalah keselamatan. Lakukan pengecekan di bengkel.

Jika mudik tanpa mengendarakan kendaraan pribadi. Pastikan sudah memiliki tiket yang dipesan dari jauh hari. Hal tersebut sangat penting agar anda tidak kehabisan tiket. Sebab jika membeli tiket langsung itu tidak akan tersedia.

Bawa makanan yang diperlukan selama perjalanan. Hal ini juga agar bisa menghemat pengeluaran anda selama dalam perjalanan. Ketika dalam perjalanan pastikan bisa beristirahat yang cukup.

Selain itu, sebelum pergi mudik, pastikan rumah dalam kondisi aman. Pastikan jika penghubung listrik sudah dimatikan, kompor anda sudah dimatikan atau atau anda sudah mengunci setiap ruangan di rumah anda. Hal tersebut agar tidak terjadi sesuatu buruk terjadi.