Vaksinasi Covid-19 di Lingkungan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka
| Dilihat 391 Kali

Vaksinasi Covid-19 di Lingkungan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

Vaksinasi Covid-19 di Lingkungan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka

Di era pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini, berbagai upaya tetap dilaksanakan dalam penanganan pandemi, salah satunya dengan upaya vaksinasi. Kementerian Kesehatan terus bekerjasama dengan berbagai pihak dalam penyelenggaran vaksinasi agar mempercepat tercapainya kekebalan di masyarakat (herd immunity).

Kali ini,Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyelenggarakan Vaksinasi Covid-19 bagi Andalan Nasional dan Keluarga Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Kegiatan Tahap 1 dilaksanakan pada Selasa, 6 Juli 2021 di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta. Selanjutnya, pelaksanaan vaksin tahap 2 akan dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2021 di tempat yang sama.

Kegiatan Vaksinasi Covid-19 ini dibuka oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan RI, dr. Dante Saksono Harbuwono, Ph.D melalui saluran online serta dihadiri secara langsung oleh Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO.

Pada kegiatan vaksinasi tahap 1 telah berhasil memberikan vaksinasi kepada 699 orang dari target 901 orang yang sudah mendaftarkan diri untuk divaksinasi. Selama sehari pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, 768 orang terdaftar pada registrasi dan sebanyak 69 orang tidak divaksin. Menurut tim Vaksinator mereka yang tidak dapat divaksinasi paling banyak dikarenakan 3 kondisi kesehatan yang tidak memenuhi syarat vaksinasi, yaitu hipertensi, batuk pilek, dan demam.

Adapun tim Vaksinator Covid-19 di lingkungan Kwarnas Gerakan Pramuka, terdiri dari RS Kartika Pulomas, KKP Tanjung Priok, KKP Soekarno Hatta, SBH Krida P2, dan RS Dharmais yang didampingi oleh tim Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat mendorong upaya peningkatan cakupan Vaksinasi Covid-19 di masyarakat untuk meningkatkan kekebalan kelompok. Masyarakat juga dihimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, walau sudah divaksinasi.

Kontributor:

Ibrahim Dwi Rudianto,S.I.Kom, MM

 

Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Twibbon Saya Sudah Divaksinasi - HUT RI 76