Training of Trainer Human Centered Design di Tingkat Pusat

| Dilihat 195 Kali

Training of Trainer Human Centered Design di Tingkat Pusat
Training of Trainer Human Centered Design di Tingkat Pusat

Kelanjutan dari Diseminasi Human Centered Design (HCD), Senin-Rabu, 27-29 Juni 2022 Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat menggelar Training of Trainer (TOT) Human Centered Design (HCD) bagi pejabat fungsional pusat. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas tenaga fungsional pusat terkait pendekatan HCD dalam rangka mendorong permintaan masyarakat terhadap layanan imunisasi rutin.

Acara ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh tim kerja di lingkungan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, perwakilan fungsional dari Direktorat Tata Kelola Kesehatan Masyarakat, Direktorat Gizi Kesehatan Ibu dan Anak, Direktorat Pengelolaan Imunisasi, serta Komisi Akreditasi FKTP dan PPPKMI Pusat.

Kegiatan peningkatan kapasitas ini merupakan salah satu bentuk kerjasama Kementerian Kesehatan dan UNICEF yang telah meluncurkan inisiatif inovatif dalam menggunakan pendekatan HCD untuk mendukung peningkatan pelayanan imunisasi di Indonesia. Human-centered design (HCD) adalah pendekatan yang dipakai untuk memecahkan masalah yang mengacu pada motivasi, keseharian, kebiasaan dan hambatan kelompok sasaran agar kemudian dapat diciptakan solusi yang tepat, terutama untuk meningkatkan akses dan pelayanan imunisasi di Indonesia

TOT ini mengupas tuntas pendekatan HCD, dimulai dari proses perencanaan yang berfokus pada motivasi kelompok sasaran untuk mengikuti kegiatan imunisasi (bukan hanya berfokus pada pengetahuan/kesadaran kelompok sasaran). Pendekatan HCD juga mampu melihat hambatan dan mendapatkan masukan dari kelompok sasaran terkait ide/solusi yang diciptakan.

Selain itu, proses 'penyelidikan cepat' dalam modul HCD berguna untuk memahami pengaruh kelompok sasaran sekaligus berfokus pada proses pembuatan ide kreatif untuk menghasilkan solusi yang tepat sehingga kelompok sasaran mau mengikuti kegiatan imunisasi. Proses berulang (iterasi) menjadi salah satu kelebihan pendekatan HCD agar solusi yang dikembangkan tepat sesuai kebutuhan kelompok sasaran. Pendekatan HCD ini tentunya sangat bermanfaat dalam meningkatkan pelayanan imunisasi di Indonesia.