Susu Formula Tidak Sebanding dengan Pemberian ASI

| Dilihat 4117 Kali

Susu Formula Tidak Sebanding dengan Pemberian ASI
Susu Formula Tidak Sebanding dengan Pemberian ASI

Air Susu Ibu (ASI) merupakan asupan terbaik bagi bayI sejak dari lahir hingga usia 2 tahun. Kandungannya menyesuaikan dengan kebutuhan bayi, sehingga tidak ada makanan atau minuman yang lebih baik daripada ASI.

Kirana Pritasari, MQIH selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat juga membenarkan jika kandungan ASI sesuai kebutuhan bayi. Tidak ada makanan terbaik selain ASI untuk bayi.

“Susu formula semahal apapun tidak akan ada yang bisa menandingi ASI. ASI itu isi kandungannya dapat menyesuaikan sendiri dengan usia bayi. Jika susu formula tidak,” ujar Dirjen Kesmas saat Puncak Pekan ASI Sedunia.

Kandungan ASI akan berubah sesuai dengan kebutuhan bayi, misalnya kandungan ASI bagi bayi berusia satu hari akan berubah ketika bayi berusia satu minggu. Perubahan itu terjadi secara alamiah, sehingga ibu tidak perlu memikirkan apakah ASInya sudah tepat diberikan kepada anaknya atau belum. Hanya saja setelah bayi berusia 6 bulan asupannya harus ditambahkan dengan makanan pendamping ASI. 

Semua anggota keluarga memiliki tanggungjawab dalam menjamin sang bayi mendapatkan hak untuk menyusu. Jika dibandingkan dengan susu formula, ASI lebih praktis karena tidak perlu mencuci botol dan memasak air.

Yang membuat ASI spesial adalah ketika ibu menyusui terjadi kontak fisik dan psikis antara ibu dan bayi yang menumbuhkan kedekatan emosional dan membantu pertumbuhan bayi.