Rakontek Program Kesehatan Masyarakat Tahun 2023 Sukses Dilaksanakan

| Dilihat 792 Kali

Rakontek Program Kesehatan Masyarakat Tahun 2023 Sukses Dilaksanakan
Rakontek Program Kesehatan Masyarakat Tahun 2023 Sukses Dilaksanakan

Transformasi kesehatan merupakan sebuah inisiasi yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan untuk melakukan kegiatan transformasi kesehatan yang mencakup 6 jenis transformasi, seperti: transformasi Layanan Primer, Layanan Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Sistem Pembiayaan Kesehatan, SDM Kesehatan, dan Teknologi Kesehatan.

Untuk melakukan percepatan dalam pelaksanaan Transformasi Kesehatan tersebut, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat akan melaksanakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Program Kesehatan Masyarakat Tahun 2023 dengan tema Bergerak!!! Wujudkan Transformasi Layanan Primer. Tema tersebut sangat bermakna sebagai wujud keinginan untuk melangkah lebih cepat Bersama-sama dalam mensukseskan Transformasi Kesehatan primer

Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Selasa 14 Maret sampai Jumat 17 Maret 2023 yang lalu tersebut, dilaksanakan guna melakukan konsolidasi Program Kesehatan Masyarakat antara pusat dan daerah.

Pada proses pelaksanaannya, kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Program Kesehatan Masyarakat Tahun 2023 ini dihadiri perwakilan Pengelola Kesehatan Masyarakat 38 Provinsi, 3 UPT Kesmas, 24 UPT Labkesmas, 28 Labkes Provinsi, 4 best practice dengan total 450 peserta. Dalam acara tersebut juga turut mengundang beberapa perwakilan yang didelegasikan untuk menunjang percepatan mewujudkan pelaksanaan Transformasi Kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Perwakilan WHO Indonesia

  2. Perwakilan UNICEF Indonesia

  3. Perwakilan NI Indonesia

  4. Perwakilan UNFPA indonesia

  5. Perwakilan JICA Indonesia

  6. Perwakilan World Bank Indonesia

  7. Perwakilan USAID MOMENTUM Indonesia

  8. Perwakilan DFAT di Indonesia

Pada Rakontek kali ini dilakukan kegiatan berupa kunjungan lapangan ke puskesmas, posyandu, dan Laboratorium Kesehatan di NTB, diskusi terkait implementasi transformasi layanan primer, penyampaian materi sinkronasi perencanaan pusat dan daerah, penyampaian best practice pelaksana transformasi layanan primer level Provinsi, Kabupaten, Kota, dan Puskesmas, serta rencana tindak lanjut. 

Saat penutupan kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakontek) Program Kesehatan Masyarakat Tahun 2023 tersebut Maria Endang Sumiwi selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat menyampaikan bahwa Rakontek Kesehatan Masyarakat yang saat ini dilakukan, diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh peserta, daerah, dan pusat. Sehingga pada saat melakukan diskusi maupun terjun langsung ke lapangan, kita dapat menemukan arah-arah yang baru. Selain itu Ditjen Kesmas akan menyusun rencana scale up implementasi transformasi layanan primer di daerah dalam 1 tahun kedepan dan mendiskusikan solusi, serta bentuk dukungan yang dibutuhkan sehingga Program Kesehatan Masyarakat dapat memberikan dampak pada peningkatan derajat Kesehatan Indonesia