Pesan Menteri Kesehatan Kepada Seluruh Lansia

| Dilihat 156 Kali

Pesan Menteri Kesehatan Kepada Seluruh Lansia
Pesan Menteri Kesehatan Kepada Seluruh Lansia

Lansia atau lanjut usia merupakan kelompok umur yang mendapatkan perhatian khusus dalam bidang kesehatan. Sebagai salah satu kelompok yang rentan, lansia diharapkan bisa melakukan berbagai kegiatan preventif untuk bisa menjaga tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis.

Dalam acara Kick Off Gerakan Kesehatan Lansia dan Peluncuran Aplikasi Sehat Indonesiaku (ASIK) yang diselenggarakan di Kementerian Kesehatan pada 3 Juni 2022, Budi G Sadikin selaku Menteri Kesehatan mengajak seluruh lansia untuk menjaga kesehatan melalui berbagai aktivitas, salah satunya yaitu dengan olahraga maupun skrining kesehatan.

Terdapat banyak aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh para lansia untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh, diantaranya adalah dengan berjalan kaki, senam, naik sepeda, dan lain sebagainya selama 30 menit,sebanyak 5 hari dalam seminggu. Selain itu, senam otak juga merupakan salah satu hal yang disarankan untuk para lansia.

Lebih lanjut, Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin juga memotivasi para lansia untuk bisa melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala, Hal ini bertujuan untuk bisa mendeteksi penyakit lebih awal pada lansia, sehingga proses penanganan dan pencegahan dapat segera dilakukan.

Untuk melakukan pemantauan kesehatan, ASIK atau Aplikasi Sehat Indonesiaku yang saat itu juga diluncurkan,  diharapkan menjadi salah satu inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh petugas kesehatan dalam merekam hasil pemeriksaan kesehatan pasien, terutama untuk usia produktif  di atas 15 tahun hingga lanjut usia.

Tetap terapkan Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) serta ajak Lansia di sekitar kita untuk segera mendapatkan vaksinasi Covid-19, sehingga dapat meminimalisir resiko hospitalisasi atau kematian akibat paparan Covid-19.

 

Editor: Astasari