Percepat Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Fokuskan Kelompok Disabilitas
| Dilihat 384 Kali

Percepat Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Fokuskan Kelompok Disabilitas

Percepat Vaksinasi Covid-19, Pemerintah Fokuskan Kelompok Disabilitas

Dalam rangka meningkatkan program vaksinasi guna meningkatkan pencegahan Covid-19, pemerintah membagi beberapa kelompok yang digolongkan berdasarkan tingkat urgensinya dalam menerima vaksin tersebut.

Saat ini, pemerintah dan seluruh jajaran yang terlibat dalam penanganan Covid-19 dan program vaksinasi, sedang memberikan titik fokus perhatiannya kepada kelompok disabilitas untuk segera mendapatkan vaksin.
Pemerintah akan memfokuskan program Vaksinasi Covid-19 ini ke beberapa daerah Jawa dan Bali, seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DI Yogyakarta dan juga Bali. Harapannya, target 25 ribu sasaran vaksinasi tersebut dapat tercapai pada bulan Oktober 2021 yang akan datang.

Menurut Surat Edaran Menteri Kesehatan No. HK.02.01/MENKES/598/2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat Lanjut Usia, Penyandang Disabilitas, serta Pendidik dan Tenaga Pendidikan, ada beberapa kelompok yang ditetapkan sebagai sasaran prioritas penerima Vaksin Covid-19.

Berdasarkan surat edaran tersebut, para penyandang disabilitas sebagai salah satu sasaran vaksinasi, dan berhak mendapatkan pelayanan vaksinasi di seluruh fasilitas kesehatan/sentra vaksinasi manapun, serta tidak terbatas pada alamat domisili KTP.

Vaksinasi bagi penyandang disabilitas ini perlu didukung oleh komunitas, organisasi lokal, dan pihak swasta. Dengan adanya kerjasama yang baik antar elemen masyarakat, diharapkan kelompok penyandang disabilitas bisa mendapatkan kemudahan akses Vaksinasi Covid-19, yaitu bantuan pendaftaran hingga pengantaran menuju lokasi vaksinasi dari berbagai elemen masyarakat.

Editor:
Eunice Margarini, SKM, MIPH
Marsha Anindita, S.Ds

Sumber: https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/berita-utama/20210814/4038290/pemerintah-percepat-vaksinasi-kelompok-disabilitas/



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Waspadai Penularan dari Pasien Covid-19 yang Tak Bergejala