Pentingnya Skrining Pribadi Sebelum Beraktivitas di Ruang Publik
| Dilihat 331 Kali

Pentingnya Skrining Pribadi Sebelum Beraktivitas di Ruang Publik

Pentingnya Skrining Pribadi Sebelum Beraktivitas di Ruang Publik

Kerjasama yang baik antara sektor pemerintahan sebagai regulator kebijakan dan masyarakat sebagai pelaksana kebijakan, telah membawa dampak yang positif bagi perkembangan penanganan kasus Covid-19 di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Melihat perkembangan kondisi penanganan Covid-19 yang membaik di tengah masyarakat, pemerintah akhirnya secara bertahap membuka kembali fasilitas publik, seperti pusat perbelanjaan dan fasilitas olahraga umum. Namun demikian, masyarakat diharapkan tetap memperhatikan kondisi tubuh dengan melakukan skrining pribadi, menjalankan protokol kesehatan secara ketat, serta bagi menerima vaksinasi sesuai ketentuan sebelum beraktivitas di ruang publik.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat diperhatikan dalam melakukan skrining secara pribadi di rumah masing-masing sebelum ke luar rumah, yaitu: 

1. Mengecek suhu tubuh.

2. Memastikan sedang tidak sakit.

3. Menggunakan masker rangkap dua (masker medis di dalam dan masker kain di luar) agar efektivitas lebih optimal.

4. Membawa masker cadangan, pencuci tangan/ hand sanitizer, dan disinfektan .

 

dr. Reisa Broto Asmoro selaku Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru menghimbau masyarakat yang berada di pusat perbelanjaan untuk tidak berkerumun, tidak berlama-lama, lebih memilih untuk berada di ruang dengan ventilasi baik, memastikan masker dipakai dengan benar, serta menyiapkan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk ke pusat perbelanjaan tersebut..

Ketika bepergian, dr. Reisa juga menganjurkan memilih lokasi yang relatif dekat dengan rumah agar mengurangi waktu perjalanan, karena akan meningkatkan risiko lelah di perjalanan dan membuat lengah dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

 

Di masa pandemi ini, masyarakat juga dihimbau untuk bisa sesegera mungkin mendapatkan vaksinasi. Selain sebagai syarat perjalanan, yang terutama adalah karena vaksinasi dapat melindungi kesehatan pribadi dan juga orang lain ketika berada di ruang publik, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan. Dengan demikian, hal tersebut diharapkan bisa menciptakan masyarakat yang lebih produktif dan terjaga dari paparan Covid-19.

Sumber :

1. https://covid19.go.id/berita/pentingnya-skrining-pribadi-sebelum-keluar-rumah 



Editor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Masrsha Anindita, S.Ds



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Antisipasi Dinamika Varian Covid-19 dengan Herd Immunity