Mengenal Gejala Kanker Pada Anak Sejak Dini

| Dilihat 1678 Kali

Mengenal Gejala Kanker Pada Anak Sejak Dini
Mengenal Gejala Kanker Pada Anak Sejak Dini

Kanker pada anak merupakan mimpi buruk yang sangat mempengaruhi kehidupan anak dan keluarga. Meskipun gejalanya mungkin tidak terlalu jelas pada awalnya, namun penting bagi para orangtua untuk peka dan menerapkan sikap waspada terhadap setiap gejala penyakit yang muncul pada buah hati.

Gejala Kanker pada Anak

Gejala kanker pada anak dapat bervariasi tergantung pada jenis kanker yang diderita dan di mana kanker tersebut menyebar. Namun, secara umum, terdapat beberapa gejala umum yang dapat muncul pada anak yang mengalami kanker, diantaranya seperti:

  1. Pucat, memar, atau pendarahan dan nyeri pada tulang.

  2. Munculnya benjolan atau pembengkakan yang tidak terasa nyeri dan tanpa demam atau adanya tanda infeksi yang lain.

  3. Terjadi penurunan berat badan pada anak

  4. Demam tanpa sebab yang jelas

  5. Batuk yang menetap atau sesak napas dan berkeringat di malam hari.

  6. Adanya perubahan yang terjadi pada mata, seperti terlihat manik putih atau juling

  7. Hilangnya penglihatan dan memar atau bengkak pada sekitar mata

  8. Perut membuncit

  9. Sakit kepala yang menetap atau berat

Dengan mengetahui beberapa gejala kanker pada anak, diharapkan bisa menjadi peringatan kepada para orangtua untuk lebih memperhatikan kesehatan pada buah hati.

Jika ayah dan bunda mencurigai sang buah hati menderita kanker, maka segera lakukan konsultasi ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat. Tindakan deteksi dini kanker merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar penanganan kanker pada anak bisa dilakukan sedini mungkin.

Meskipun kanker pada anak dapat sangat mengganggu, namun ada harapan untuk kesembuhan. Tingkat kesembuhan kanker pada anak terus meningkat, terutama jika kanker dideteksi pada tahap awal dan diobati dengan tepat.

Selain itu, tidak lupa untuk terus memberikan dukungan untuk keluarga dan anak-anak yang terkena kanker, sehingga dapat membantu mengurangi stres dan memberikan dukungan emosional.

 Sumber = 

  1. P2PTM

  2. PROMKES