Lomba Video Edukasi Tiktok “Aksi Remaja Cegah Covid-19”, Sukses!
| Dilihat 283 Kali

Lomba Video Edukasi Tiktok “Aksi Remaja Cegah Covid-19”, Sukses!

Lomba Video Edukasi Tiktok “Aksi Remaja Cegah Covid-19”, Sukses!

Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, sekaligus memberikan edukasi kepada generasi muda mengenai pentingnya menjaga protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementerian Kesehatan menyelenggarakan Lomba Video Edukasi melalui Tiktok dengan tema: “Aksi Remaja Cegah Covid-19”.

Adapun kegiatan lomba ini dimulai dari tanggal 15 Oktober 2021 dan ditutup pada tanggal 7 November 2021 yang telah diikuti oleh sebanyak 173 peserta. Proses penjurian video-video terpilih dilakukan secara ketat oleh 3 juri utama pada hari Senin, 8 November 2021 di Hotel Mercure, Jakarta. Hadir  pada  acara  penjurian, dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO selaku Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat dengan jajaran staf, serta perwakilan dari PT Darya-Varia Laboratoria, Tbk selaku pihak sponsor.

Pada pembukaan acara penjurian tersebut, Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu menggali keterampilan generasi muda dan secara tidak langsung memberikan pemahaman dan kesadaran mengenai pentingnya menjaga protokol kesehatan dan menerima vaksinasi di masa pandemi Covid-19, juga dalam upaya menangkal peredaran hoax seputar Covid-19.

Proses penjurian pertama kali dilakukan oleh panitia lomba guna memilah antara peserta yang telah memenuhi dan belum memenuhi tahap prasyarat, sehingga dari 161 video yang telah dikirimkan oleh peserta, terpilih 48 video yang mampu lolos ke tahap kedua untuk mendapatkan penilaian secara langsung oleh dewan juri.

Pada tahap kedua ini, juri dibagi menjadi 3 sektor penilaian. Juri pertama memiliki tanggung jawab untuk menilai teknik pengambilan video dan kualitas video, Juri kedua memiliki fokus pada cara penyampaian dan akting yang dilakukan oleh peserta pada video tersebut, serta yang terakhir, yaitu juri ketiga memiliki tanggung jawab untuk menilai tentang materi video yang dibawakan.

Untuk memberikan kesempatan yang lebih besar kepada para peserta dalam mendapatkan hadiah, maka dilakukan juga penjurian guna menghitung engagement dari video yang telah lolos tahap prasyarat. Sehingga dengan demikian, proses penjurian yang dilakukan menghasilkan beberapa nama pemenang sebagai berikut:


Berdasarkan hasil dari penjurian yang panjang dan dilakukan dengan seksama, maka hasil yang telah ditentukan oleh dewan juri merupakan hasil yang Mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Dengan adanya lomba video Tiktok kali ini, diharapkan mampu menumbuhkan budaya literasi yang baik kepada seluruh masyarakat dan khususnya kepada generasi muda, sehingga penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat dapat dihentikan.

Ucapan selamat disampaikan kepada para pemenang lomba video Tiktok "Aksi Remaja Cegah Covid-19" dan ucapan terima kasih yang sebesarnya kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi.

Semoga semuanya dapat menjadi contoh dari generasi muda untuk bisa berdiri di garda terdepan dengan menjadi agen perubahan dalam upaya pencegahan Covid-19.

Kontributor:

Eunice Margarini, SKM, MIPH

Marsha Anindita, S.Ds

Panitia Lomba Video Tiktok 2021



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Youtube Seri 3: Cinta Selalu Tau Siapa Pemiliknya