Kemenkes Gelar Temu Media di Bulan Imunisasi Anak Nasional

| Dilihat 574 Kali

Kemenkes Gelar Temu Media di Bulan Imunisasi Anak Nasional
Kemenkes Gelar Temu Media di Bulan Imunisasi Anak Nasional

Tepat pada 12 Mei 2022, Kementerian Kesehatan menggelar kegiatan seremonial temu media dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Temu media dihadiri oleh berbagai perwakilan media dan perwakilan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI.

Kegiatan penyelenggaraan program imunisasi anak nasional ini merupakan 2 bagian pilar dari 6 pilar transformasi kesehatan Indonesia, yaitu pilar pertama yang berisi tentang transformasi sistem pelayanan kesehatan primer yang berbicara tentang pencegahan, dan pilar keenam yaitu transformasi sistem teknologi informasi kesehatan.

Dalam pembukaannya, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia menyatakan bahwa Kementerian Kesehatan telah melakukan transformasi dengan menambah jumlah vaksin/imunisasi wajib sebanyak 3 vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat, diantaranya adalah :

  1. Vaksin HPV yang dipergunakan untuk melakukan pencegahan Kanker Serviks untuk para ibu.

  2. Vaksin PCV untuk Pneumonia untuk balita

  3. Vaksin Rotavirus untuk penyakit diare pada balita

Lebih lanjut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa Kementerian Kesehatan juga akan melaksanakan transformasi pilar keenam dengan mengulangi kesuksesan vaksinasi Covid-19. Sebagai langkah awal adalah dengan mengumpulkan data vaksinasi wajib anak Indonesia dalam sebuah data digital yang nantinya dapat diakses dalam waktu kedepan, dan meminimalisir kehilangan.

Dengan berjalannya beberapa program diatas, diharapkan mampu menciptakan anak-anak Indonesia yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu hingga mengancam kesehatannya. Sehingga dengan adanya bonus demografi di negara Indonesia, kita dapat mempersiapkan anak-anak yang nantinya akan berada di usia kerja yang berkualitas unggul, sehat serta produktif.

Editor:

  • Astasari
  • Mutiara Rani

KLIK DISINI UNTUK MENGUNDUH KUMPULAN MEDIA BULAN IMUNISASI ANAK 2022