Cegah obesitas Selama Lebaran

| Dilihat 358 Kali

Cegah obesitas Selama Lebaran
Cegah obesitas Selama Lebaran

Momen lebaran adalah saat yang sangat dinanti oleh seluruh umat muslim. Hal ini dikarenakan selain lebaran menjadi ajang untuk berkumpul bersama keluarga besar sambil menikmati menu hidangan lebaran yang sangat mengguggah selera seperti opor ayam, rendang, kue kering dan berbagai macam jenis hidangan lebaran lainnya.

Kandungan hidangan diatas mengandung kolesterol, lemak, dan gula yang dapat menyebabkan obesitas apabila terus menerus dilakukan dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Berikut ini merupakan  3 tips cegah obesitas saat lebaran yang dapat dilakukan oleh kita semua untuk meminimalisir potensi obesitas pada momen lebaran, diantaranya adalah :

1.       Mengatur porsi makan

Sebuah kunci penting dalam mengatur berat badan selama lebaran adalah memperhatikan dan mengatur pola makan kita agar tidak berlebihan. salah satunya dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk agar seimbang atau lebih kecil dari energi yang dikeluarkan

2.       Mengurangi konsumsi makanan manis

Membatasi konsumsi makanan yang tinggi gula merupakan cara bijak untuk mengatur gula darah dalam tubuh. Makan makanan manis secukupnya dan mengganti softdrink serta berbagai macam minuman manis lainnya dengan air putih.

3.       Konsumsi sayur dan buah.

Keseimbangan nutrisi dalam tubuh merupakan hal yang penting, untuk itu tetap konsumsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat  yang membantu melancarkan sistem pencernaan.

Tetap jaga protokol kesehatan selama halal bihalal untuk mencegah penularan atau paparan Covid-19. Segera lakukan pemeriksaan apabila mengalami gejala Covid-19 dengan menghubungi fasilitas kesehatan terdekat agar mendapatkan pertolongan yang cepat dan sesuai dengan protokol penanganan Covid-19.

 

Editor: Astasari, S.Sos, MKM

Mutiara Mutia Rani, SKM