Cegah Kematian Anak Akibat Infeksi dengan Cuci Tangan Menggunakan Sabun

| Dilihat 1649 Kali

Cegah Kematian Anak Akibat Infeksi dengan Cuci Tangan Menggunakan Sabun
Cegah Kematian Anak Akibat Infeksi dengan Cuci Tangan Menggunakan Sabun

Tepat pada 17 Oktober 2022, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menghadiri perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) yang dilaksanakan di Jakarta.

Sebagai pembuka pada acara tersebut, Menkes Budi menyampaikan pesan bahwa cuci tangan pakai sabun dan sanitasi total berbasis masyarakat merupakan hal yang penting untuk diimplementasikan karena dapat mencegah berbagai jenis Infeksi yang menular melalui mulut dan akan membuat angka kematian anak mengalami penurunan.

Keterangan diatas juga mendapatkan dukungan dari dr. Maxi Rein Rondonuwu selaku Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes yang menyatakan bahwa cuci tangan menggunakan sabun merupakan teknik dasar mencegah penyebaran penyakit dengan tingkat keberhasilan mencapai 85 %, dan 15% mencegah agar penyakit tidak menjadi lebih berat.

Mengingat pentingnya cuci tangan menggunakan sabun dalam mencegah berbagai infeksi atau penyakit, maka negara hadir dan berkomitmen untuk memaksimalkan pencapaian target pembangunan berkelanjutan, terutama dalam memenuhi kebutuhan atau akses air bersih dan sanitasi bersih bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, diharapkan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) ini dapat menjadi momentum penting dalam menjalankan kampanye dan advokasi mengenai pentingnya pencapaian target CTPS hingga mencapai 100% secara nasional, dan menjadi ajang masyarakat untuk bisa memulai atau mengubah perilaku yang sebelumnya kurang sehat, menjadi disiplin dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama dalam hal mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah melakukan aktifitas.

Review: Astasari