Bagaimana Peran Ayah Selama Pemberian ASI Eksklusif untuk Istri di Rumah?
| Dilihat 1459 Kali

Bagaimana Peran Ayah Selama Pemberian ASI Eksklusif untuk Istri di Rumah?

Bagaimana Peran Ayah Selama Pemberian ASI Eksklusif untuk Istri di Rumah?

Istri kerap dituntut untuk melakukan berbagai macam pekerjaan rumah sekaligus berperan sebagai seorang ibu yang menjaga dan merawat buah hatinya. Ibu dengan bayi berusia antara 0-6 bulan juga didorong untuk dapat memberikan ASI eksklusif bagi bayinya. Namun, tidak hanya istri, suami juga memiliki peran penting sebagai seorang ayah dalam membantu dan menopang proses tumbuh kembang buah hati.

  • Peran Ayah Saat Pemberian ASI Eksklusif dengan Memberi Dukungan / Semangat

Pertama, ayah berperan memberi dukungan dan semangat agar ibu dapat memberikan ASI eksklusif dengan maksimal. Dukungan ayah juga diperlukan agar ibu merasa tenang dan bahagia menjalani perannya sebagai ibu sekaligus mencegah munculnya gejala “baby blues syndrome” pasca persalinan. Dukungan dapat diberikan dengan berbagai cara, seperti mendampingi ibu saat memberikan ASI eksklusif, memberikan kecupan, menyampaikan kalimat cinta, dan mengucapkan terima kasih kepada ibu yang telah memberikan ASI eksklusif dan merawat si buah hati di rumah.

  • Peran Ayah Saat Pemberian ASI Eksklusif dengan Menerima Permintaan Istri

Kedua, ayah dapat berperan dalam menerima permintaan atau menyediakan kebutuhan ibu selama memberikan ASI eksklusif. Misalnya, ayah dapat memberikan pijatan lembut pada bagian bahu atau kaki ibu yang terasa pegal setelah seharian menggendong si kecil. Ayah pun dapat bergantian dengan ibu untuk menggendong buah hati. Hal tersebut juga merupakan bentuk perhatian dan kasih sayang ayah kepada ibu.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Ingin ASI Banyak? Konsumsi 5 Makanan Kaya Nutrisi Berikut Ini