Pentingnya Makan Sayur dan Buah

| Dilihat 25463 Kali

Pentingnya Makan Sayur dan Buah
Pentingnya Makan Sayur dan Buah

Mendapatkan tubuh sehat bukan satu-satunya manfaat buah dan sayur yang bakal Anda dapatkan. Mengonsumsi kedua jenis makanan ini secara rutin ternyata memberikan sejumlah khasiat yang mungkin saja belum diketahui masyarakat luas, antara lain:

  • Meningkatkan performa otak

Sebagian besar buah yang sudah maupun belum Anda kenal kaya akan gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Dari sekian benefit yang akan Anda dapatkan, meningkatkan daya ingat sekaligus memproteksi sel-sel otak adalah salah dua poin yang diberikan sayur dan buah.

Antioksidan berperan dalam memerangi radikal bebas, karena mampu memperlambat hingga mencegah oksifasi molekul lain. Bahkan ada pula buah yang dapat melindungi Anda dari penyakit Alzheimer. Beberapa buah yang patut Anda konsumsi mencakup jeruk, apel, jambu biji, alpukat, pepaya, dan mangga.

  • Mengurangi risiko penyakit kanker

Kanker termasuk penyakit kronis yang saat ini masih belum ditemukan obatnya. Walau sukar untuk disembuhkan, gangguan akibat pertumbuhan abnormal sel-sel jaringan tubuh ini dapat Anda cegah sedini mungkin dengan mengonsumsi beberapa jenis buah berwarna merah dan ungu.

Manfaat buah dan sayur dari stroberi dan tomat di antaranya adalah menyuplai senyawa seperti lycopene dan anthocyanins yang mampu mencegah perkembangan kanker berkat kandungan anti-kanker secara alami. Konsumsi secara teratur supaya tubuh Anda sigap dalam mengatasi pertumbuhan sel jaringan abnormal.

  • Sumber utama antioksidan

Seperti yang telah disebutkan, sejumlah buah dan sayur kaya akan antioksidan—molekul yang mampu memperlambat hingga mencegah oksidasi molekul lain. Oksidasi sangat berbahaya karena memicu munculnya radikal bebas yang berpotensi merusak sel. Karena tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin sendiri, maka

Anda disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah secara teratur supaya bisa memperoleh takaran antioksidan yang mencukupi. Buah-buah yang kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E sangat direkomendasikan untuk menjaga kesehatan Anda.

Masih ada banyak khasiat yang tersimpan dalam buah dan sayur. Satu yang pasti, aturlah pola makan Anda untuk memperoleh manfaat buah dan sayur secara maksimal.