Saka Bakti Husada

| Dilihat 15472 Kali

Saka Bakti Husada
Saka Bakti Husada

Saka Bakti Husada


Pramuka, tentu sudah banyak orang mengenal apa itu Pramuka, kependekan dari Praja Muda Karana yang berarti rakyat muda yang senang bekerja/berkaya, kali ini admin ingin berbagi tentang apa itu “Saka Bakti Husada”, namun sebelumnya kita perlu tahu apa itu Satuan Karya Pramuka (Saka) adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam bernagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Berikut adalah Saka yang Berlaku secara Nasional
1. Saka Dirgantara
2. Saka Bhayangkara
3. Saka Bahari
4. Saka Bakti Husada
5. Saka Keluarga Berencana
6. Saka Taruna Bumi
7. Saka Wanabakti
8. Saka Wira Kartika
9. Saka Kalpataru
Dalam pembahasan ini kita akan membahas apa itu “Saka Bakti Husada”, yang merupakan satu dari saka lainya yang ada di Gerakan Pramuka Indonesia.
Saka Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.
Saka Bakti Husada diresmikan pada tanggal 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang kemudian dicanangkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 12 November 1985 sebagai Hari Kesehatan Nasional di Magelang.
Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan, yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya.
Kegiatan kesakaan dilaksanakan di gugusdepan dan satuan karya Pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani dan rohani peserta didik. Kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan sedapat-dapatnya dengan praktik berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan keperluannya.
?
Krida-krida dalam Saka Bakti Husada, sebagai berikut.
1. Krida Bina Lingkungan Sehat
2. Krida Bina Keluarga Sehat
3. Krida Penanggulangan Penyakit
4. Krida Bina Gizi
5. Krida Bina Obat
6. Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
Kecakapan Khusus Kelompok Kebaktihusadaan, sebagai berikut.
Krida Bina Lingkungan Sehat
1. Penyehatan Perumahan
2. Penyehatan Makanan dan Minuman
3. Pengamanan Pestisida
4. Pengawasan Kualitas Air
5. Penyehatan Air
Krida Bina Keluarga Sehat
1. Kesehatan Ibu
2. Kesehatan Anak
3. Kesehatan Remaja
4. Kesehatan Usia Lanjut
5. Kesehatan Gigi dan Mulut
6. Kesehatan Jiwa
Krida Penanggulangan Penyakit
1. Penanggulangan Penyakit Malaria
2. Penanggulangan Penyakit Demam Berdarah
3. Penanggulangan Penyakit Anjing Gila
4. Penanggulangan Penyakit Diare
5. Penanggulangan Penyakit TB Paru
6. Penanggulangan Penyakit Kecacingan
7. Imunisasi
8. Gawat Darurat
9. HIV / AIDS
Krida Bina Gizi
1. Perencanaan Menu
2. Dapur Umum Makanan/Darurat
3. UPGK dalam Pos Pelayanan Terpadu
4. Penyuluh Gizi
5. Mengenal Keadaan Gizi
?
Krida Bina Obat
1. Pemahaman Obat
2. Taman Obat Keluarga
3. Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Zat Adiktif
4. Bahan Berbahaya bagi Kesehatan
5. Pembinaan Kosmetik
Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
1. Bina PHBS di Rumah
2. Bina PHBS di Sekolah
3. Bina PHBS di Tempat umum
4. Bina PHBS di Instansi Pemerintah
5. Bina PHBS di Tempat kerja
Satuan Karya Pramuka (Saka) ini diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada subbidang ilmu tertentu. Setiap Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kesatuan Karyaan yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di Saka tersebut.
?
Saka Bakti Husada (Konten Twitter)
1. Pramuka, tentu sudah banyak orang mengenal apa itu Pramuka, kependekan dari Praja Muda Karana yang berarti rakyat muda yang senang bekerja/berkaya,
2. Kali ini admin ingin berbagi tentang apa itu “Saka Bakti Husada”, namun sebelumnya kita perlu tahu apa itu Satuan Karya Pramuka (Saka)
3. SAKA adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam bernagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
4. Berikut Saka yg Berlaku Nasional
Saka Dirgantara, Saka Bhayangkara, Saka Bahari, Saka Bakti Husada, Saka Keluarga Berencana, Saka Taruna Bumi, Saka Wanabakti, Saka Wira Kartika, Saka Kalpataru
5. Dalam pembahasan ini kita akan membahas apa itu “Saka Bakti Husada”, yang merupakan satu dari saka lainya yang ada di Gerakan Pramuka Indonesia.
6. Wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman, pemberian kesempatan membaktikan diri kepada masyarakat di bidang kesehatan.
7. Saka Bakti Husada diresmikan pada tanggal 17 Juli 1985, dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Nasional oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka .
8. Kemudian dicanangkan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia pada tanggal 12 November 1985 sebagai Hari Kesehatan Nasional di Magelang.
9. Saka Bakti Husada bertujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan,
10. Saka Bahkti Husada membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di lingkunganya.
11. Kegiatan kesakaan dilaksanakan di gugusdepan dan satuan karya Pramuka disesuaikan dengan usia dan kemampuan jasmani dan rohani peserta didik.
12. Kegiatan pendidikan tersebut dilaksanakan sedapat-dapatnya dengan praktik berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan peserta didik
13. Untuk menerapkan sendiri pengetahuan dan kecakapannya dengan menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan keperluannya.
14. Krida-krida dalam Saka Bakti Husada adalah (1); Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit,
15. Krida-krida dalam Saka Bakti Husada adalah (2); Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)
16. Kecakapan Khusus Kelompok Kebaktihusadaan banyak sekali, berikut pembagiannya;
17. Krida Bina Lingkungan Sehat; Penyehatan Perumahan, Penyehatan Makanan dan Minuman, Pengamanan Pestisida, Pengawasan Kualitas Air, Penyehatan Air
18. Krida Bina Keluarga Sehat; Kesehatan Ibu, Kesehatan Anak, Kesehatan Remaja,Kesehatan Usia Lanjut, Kesehatan Gigi dan Mulut, Kesehatan Jiwa
19. Krida Penanggulangan Penyakit (1); Penanggulangan Penyakit Malaria, Penanggulangan Penyakit Demam Berdarah, Penanggulangan Penyakit Anjing Gila, Penanggulangan Penyakit Diare
20. Krida Penanggulangan Penyakit (1); Penanggulangan Penyakit TB Paru, Penanggulangan Penyakit Kecacingan, Imunisasi, Gawat Darurat, HIV / AIDS
21. Krida Bina Gizi; Perencanaan Menu, Dapur Umum Makanan/Darurat, UPGK dalam Pos Pelayanan Terpadu, Penyuluh Gizi, Mengenal Keadaan Gizi
22. Krida Bina Obat; Pemahaman Obat, Taman Obat Keluarga, Pencegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Zat Adiktif, Bahan Berbahaya bagi Kesehatan, Pembinaan Kosmetik
23. Krida Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Bina PHBS di Rumah, Bina PHBS di Sekolah, Bina PHBS di Tempat umum, Bina PHBS di Instansi Pemerintah, Bina PHBS di Tempat kerja
24. Satuan Karya Pramuka (Saka) ini diperuntukkan bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega atau para pemuda usia antara 16-25 tahun dengan syarat khusus.
25. Setiap Satuan Karya memiliki beberapa krida, yang masing-masing mengkhususkan pada subbidang ilmu tertentu.
26. Setiap Krida memiliki Syarat Kecakapan Khusus untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus Kelompok Kesatuan Karyaan yang dapat diperoleh Pramuka yang bergabung dengan Krida tertentu di Saka tersebut.