Kesehatan Remaja
| Dilihat 11995 Kali

Kesehatan Remaja

Kesehatan Remaja

Kesehatan Reproduksi Yaitu keadaan sehat baik secara fisik, psikis dan sosial yang berkaitan dengan sistem, fungsi dan proses reproduksi pada laki-laki dan perempuan agar dapat bertanggung jawab dan menjaga dan memelihara organ reproduksi.Cara merawat organ reproduksi yaitu:

  • Pakaian dalam dan celana dalam (CD) diganti minimal 2 kali sehari
  • Menggunakan CD berbahan menyerap keringat
  • Pakai handuk yang bersih, kering, tidak lembab dan bau.
  • Bagi perempuan setelah buang air kecil cara ceboknya dari arah depan ke belakang agar kuman dari anus tidak ikut ke organ reproduksi – Untuk laki-laki sangat dianjurkan untuk disunat/ khitan,agar terhindar dari kanker penis dan kanker leher rahim pada istrinya.

Menstruasi

Menstruasi/haid yang pertama (menarche) merupakan tanda pubertas pada perempuan. Menstruasi adalah peluruhan lapisan dalam dinding rahim (endometrium) yang banyak mengandung pembuluh darah terjadi setiap bulan berlangsung 5-7 hari, umumnya menstruasi berlangsung samoai usia 50 dan masa setelah berhenti menstruasi disebut menopause. – Beberapa perempuan akan merasakan kram atau sakit selama menstruasi, ini disebut dismenore.Untuk mengurangi rasa nyeri bisa diberikan kompres hangat,istirahat cukup, olahraga terutama berjalan. Jika masih nyeri dan mengganggu kegiatan sehari-hari, maka diberikan obat anti peradangan non-steroid (tanyakan ke tenaga kesehatanya). Konsumsilah 1 tablet tambah darah setiap hari selama mestruasi dan 1 kali seminggu saat tidak menstruasi untuk mencegah terjadinya anemia gizi besi.

Pacaran Sehat, hindari Seks pra nikah

Seks pra nikah bagi perempuan yang sudah menstruasi beresiko hamil apabila melakukan hubungan seksual, dan Remaja laki-laki yang telah mengalami mimpi basah sudah bisa menyebabkan kehamilan jika melakukan hubungan seksual dan tertular dan menularkan penyakit /infeksi menular seksual juga HIV dan AIDS serta resiko kehamilan dan persalinan.

HIV-AIDS

Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah jenis virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh menurun.Acquired Immuno Deficiency Syndrom (AIDS) adalah sekumpulan gejala yang disebabkan oleh menurunnya system kekebalan tubuh manusia karena terinfeksi HIV.Gejala AIDS muncul setelah 5-10 tahun, tergantung dari daya tahan tubuh penderita, nutrisi dan kepatuhan mengkonsumsi Antiretroviral (ARV)HIV menular melalui :

  • Hubungan Seksual Berganti Pasangan tanpa menggunakan kondom
  • Jarum Suntik yang digunakan bergantian
  • dari Ibu HIV ke bayi nya ketika di dalam kandungan

HIV tidak dapat ditularkan melalui :

  • Kontak Fisik Biasa : Kontak di tempat kerja/ sekolah, Kontak di tempat umum
  • Makanan dan minuman : Air, makanan, minuman, Alat makan & minum bersama – Kontak intim biasa : Berjabat tangan, bersentuhan, Berpelukan, berciuman
  • Penularan tak langsung : Gigitan serangga, Batuk, bersin, Kolam renang, Toilet umum

CEGAH HIV-AIDS

A (Abstinence) : Tidak melakukan hubungan seks pra nikah
B (Be Faithful) : Untuk yang sudah menikah harus saling setia,berhubungan seksual hanya dengan suami/istrinya saja.
C (Condom/kondom):Menggunakan kondom, terutama kelompok risiko tinggi seperti,pengguna NAPZA suntik, remaja seksual aktif.
D (Drug) : Tidak Menggunakan NAPZA terutama NAPZA suntik. E (Education); bekali diri dengan pengetahuan yang benar tentang HIV- AIDS agar terhindar dari penularan dan bahayanya.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Lingkungan Pendukung Kesehatan