SISTEM INFORMASI E-DUNIA USAHA

Login    Bantuan promkes@kemkes.go.id (021) 5221224

Sosialisasi STBM PT. Adaro Energy

Dalam partisipasinya guna mendukung Sustainable Development Goals (SDG) yang sebelumnya merupakan Millenium Development Goals (MDG), PT. Adaro Energy Tbk berupaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat melalui berbagai program. Program peningkatan kesehatan Adaro dimulai dengan dasar pemikiran jika standar kesehatan berkaitan erat dengan gaya hidup dan budaya setempat.

Salah satu proyek utama dari PT. Adaro Energy Tbk adalah Sanitasi Total Berbasi Masyarakat (STBM). Program dikembangkan setelah pada tahun 2012 penelitian yang dilakukan oleh suatu organisasi di bawah Kementerian Kesehatan.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan jika 64% dari populasi di kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan yang merupakan lokasi operasi penambangan PT. Adaro Indonesia, tidak memiliki akses sanitasi yang baik. Hal ini mengakibatkan hampi 9.492 kasus diare pada tahun tersebut. Juga, bahwa sebanyak 17.000 rumah tangga di wilayah tersebut melakukan apa yang dikategorikan sebagai buang air besar sembarangan.

Demi mendorong para ibu rumah tangga menjadi kader kesehatan dan mempromosikan program Stop Buang Air Besar Sembarangan, PT. Adaro Energy bekerjasama dengan organisasi-organisasi wanita dan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Caranya dengan memberikan pelatihan bagi 40 kader dari 8 desa melalui seminar dan bekerjasama dengan dinas kesehatan setempat.

Lalu, pada tahun 2013 tiga desa di Tabalong dinyatakan Bebas dari Buang Air Sembarangan (BABS). Sedangkan, pada tahun 2014, 5 desa lagi di Tabalong (2.893 rumah tangga) dan 2 desa di Barito Timur (575 rumah tangga) dinyatakan bebas BABS. PT Adaro Energy Tbk menargetkan untuk mencapai 17.000 rumah tangga dinyatakan bebas BABS sampai tahun 2019.

Scroll to Top