Pertemuan Lintas Sektor: Pembahasan Pedoman Pesantren Sehat
| Dilihat 305 Kali

Pertemuan Lintas Sektor: Pembahasan Pedoman Pesantren Sehat

Pertemuan Lintas Sektor: Pembahasan Pedoman Pesantren Sehat

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat melakukan kegiatan pertemuan lintas sektor pembahasan pedoman pesantren sehat yang diadakan di jakarta pada hari jumat, tanggal 21 juni 2019.

Kegiatan ini merupakan kepanjangan tangan dari semangat untuk melakukan edukasi dan penerapan hidup sehat di lingkungan pondok pesantren berdasarkan himbauan Menteri Kesehatan Nila Moeloek bahwa pada umumnya kondisi kesehatan di lingkungan pondok pesantren masih memerlukan perhatian dari berbagai pihak terkait, baik dalam aspek akses pelayanan kesehatan, berperilaku sehat, maupun aspek kesehatan lingkungannya.

PROGRAM PESANTREN SEHAT

Pesantren Sehat merupakan salah satu program Kemenkes yang menjadi salah satu prioritas pada tahun 2019. Di sini peran dari santri dan kyai atau guru memegang peran penting dalam mewujudkan pesantren sehat. Instrument lainnya adalah peran serta masyarakat pesantren, daya guna mitra potensial, dan kebijakan berwawasan kesehatan.

Pesantren sehat bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya kesehatan. Hal itu berkaitan dengan usia para santri dan juga isu-isu kesehatan prioritas nasional seperti Germas, eliminasi TBC, cegah stunting, dan peningkatan cakupan imunisasi di kalangan masyarakat pesantren.

Oleh karena itu dalam kegiatan yang melibatkan beberapa ormas seperti NU diharapkan nantinya akan menghasilkan pedoman pesantren sehat yang akan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan pesantren.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Pentingnya Rutin Membawa Balita ke Posyandu untuk Menjaga Tumbuh Kembangnya