Pentingnya Melakukan Imunisasi Pada Anak

Imunisasi adalah perlindungan yang wajib diberikan pada anak-anak untuk menjaga dan melindungi anak terhadap berbagai risiko penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Setiap jenis vaksin atau imunisasi mempunyai tahapan dan periode tersendiri. Karena itu, Anda sebaiknya melakukan pemberian vaksin sesuai yang dianjurkan dengan tepat waktu.

Bahaya Tidak Diberikannya Imunisasi Lengkap

Mengabaikan pemberian imunisasi dapat membahayakan kesehatan anak. Saat ini, banyak sekali bakteri dan virus berbahaya yang dapat mengintai kesehatan si kecil, mulai dari penyakit flu ringan hingga penyakit berbahaya seperti meningitis dan pneumonia. Dengan memberikan imunisasi, berarti Anda sudah menjauhkan anak terhadap risiko berbagai penyakit berbahaya.

Hanya saja, masih banyak orang tua yang enggan memberikan vaksin pada anaknya karena berbagai alasan, mulai dari jaminan kehalalan, sampai efek samping pasca pemberian imunisasi. Efek samping yang ditimbulkan setelah imunisasi, umumnya adalah rewel dan demam. Hal tersebut merupakan hal yang sangat wajar. Orang tua dapat menanyakan tentang cara mengatasi efek samping akibat vaksin tersebut kepada petugas medis yang memberikan vaksin,.

Manfaat Imunisasi Untuk Anak

Pentingnya pemberian imunisasi untuk kesehatan anak wajib diketahui oleh setiap orang tua. Ketahanan tubuh si kecil yang masih belum sempurna, menjadikannya mudah sekali tertular penyakit. Pemberian imunisasi dilakukan untuk mencegah anak dari penyakit tertentu. Tubuh anak tanpa perlindungan vaksin atau imunisasi, bisa membuat mereka mudah tertular atau terserang penyakit, bahkan pada beberapa jenis penyakit menular tersebut dapat menyebabkan kematian.

BPOM dan MUI sudah mendukung pelaksanaan imunisasi. Tidak hanya itu saja, MUI bahkan sudah meluncurkan fatwa bahwa sebagai upaya preventif menjaga kesehatan anak, wajib dilakukan vaksin imunisasi untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit yang masuk dalam tubuh.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Kesiapan Kemenkes Jamin Keamanan Pangan untuk Atlet Asian Games 2018