Ajakan GERMAS dalam Seminar Hari Buruh di Kementerian Kesehatan
| Dilihat 181 Kali

Ajakan GERMAS dalam Seminar Hari Buruh di Kementerian Kesehatan

Ajakan GERMAS dalam Seminar Hari Buruh di Kementerian Kesehatan

Dalam rangka Hari Buruh Nasional, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) mengadakan seminar Hari Buruh di gedung Kemenkes. Pada saat pembukaan, Plt.Dirjen Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Dr.Pattiselano Roberth Johan, MARS, mengatakan, “Bila pekerja perempuan sehat diharapkan keluarga dan masyarakat menjadi sehat. Begitu pula sebaliknya, bila pekerja perempuan sakit akan berdampak buruk pada unit kerja dan keluarganya yang tentu bukan menjadi harapan kita semua.

Ia juga menambahkan jika kita bisa dengan bersama untuk menciptakan kesehatan dengan mulai melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).  Germas bisa dilakukan dari hal kecil seperti banyak mengkonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik 30 menit sehari dan melakukancek kesehatan secara rutin.

Saat ini jumlah penduduk Indonesia mencapai 261 juta, ada sekitar 114 juta adalah pekerja dimana jumlah pekerja laki-laki 71,7 juta dan jumlah pekerja perempuan sekitar 46,3 juta pekerja perempuan.

Selain itu, Pekerja perempuan memiliki peran sebagai subjek dan objek pembangunan kesehatan. Oleh sebab itu dalam seminar tersebut perempuan sangat memerlukan pengawalan dan perlindungan khusus di bidang kesehatan karena pekerja yang sehat merupakan modal pembangunan nasional.

Seminar tersebut dihadiri lebih dari 300 yang terdiri dari masyarakat, pekerja perempuan Jabodetabek dunia usaha, serikat buruh, dan organisasi profesi, serta lintas sektor lainnya.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Bugar dan Berprestasi, Ciri Khas ASN Jaman Now