Enam Cara Melindungi Anak Tertular Penyakit dari Saudara Kandung

Sebenarnya, cara agar anak tidak tertular penyakit dari saudara kandungnya berkaitan dengan kegiatan sehari-hari. Anda yang mempunyai lebih dari satu anak pastinya cemas bila salah satu di antara mereka tiba-tiba terserang penyakit. Maka, supaya saudara kandungnya terlindungi, siapkan pencegahan berikut.

  1. Membiasakan mencuci tangan

Walau terkesan sepele, membiasakan anak Anda rutin cuci tangan dapat menunjang kualitas kesehatan mereka. Apalagi sekitar 80% penyakit menular ternyata menyebar melalui sentuhan tangan. Alangkah baiknya Anda mengajarkan dan memberi tahu manfaat cuci tangan kepada sang buah hati sejak kecil untuk jangan lupa gunakan sabun ketika mencuci tangan.

  1. Menyimpan popok secara terpisah

Anak-anak Anda masih menggunakan popok? Popok—terutama yang kotor—berpotensi jadi sarang dan penyebar kuman secara cepat. Untuk mengurangi peluang tersebut, segera buang popok kotor ke tempat sampah, gunakan popok sekali pakai, lalu rutin mengganti dan mencuci selimut anak Anda.

  1. Mengatur pola makan anak

Seperti yang Anda ketahui, kesehatan anak lebih rentan dibandingkan orang dewasa. Dalam hal ini, cara agar anak tidak tertular penyakit dari saudara kandungnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan mengatur pola makannya dan membatasi pemberian makan dari orang lain.

  1. Berhenti memasak sementara

Jika Anda sedang sakit dan bertugas mengurus makanan untuk anggota keluarga lain, sebaiknya hentikan jadwal memasak sementara waktu sampai Anda sembuh. Memaksakan diri Anda memasak hanya akan membuka akses penyebaran virus dan kuman dari penyakit yang diderita.

  1. Tetap memberikan ASI

Berbanding terbalik dengan poin sebelumnya, Anda masih diizinkan atau malah dianjurkan memberikan ASI kepada anak yang masih menyusui. Hal ini disebabkan kandungan dalam ASI dapat mencegah anak dari penyakit berkat kandungan antibodi yang tinggi.

  1. Tidak melewatkan imunisasi

Langkah terakhir yang akan memproteksi penularan penyakit di antara anak-anak Anda adalah dengan menyertakan mereka dalam jadwal imunisasi. Pastikan mereka mendapatkan semua jenis imunisasi yang disarankan.

Semoga cara agar anak tidak tertular penyakit dari saudara kandungnya ini membantu Anda melindungi anak-anak secara lebih optimal.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
NO HIV AIDS, NO STIGMA