Kapan Waktu dan Jenis yang Tepat untuk Memberikan MP ASI?

Makanan pendamping ASI (MP ASI) mulai diberikan pada bayi saat berusia >6 bulan. MP ASI penting diberikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi yang semakin bertambah seiring pertumbuhannya. Namun, tidak sedikit ibu yang mengalami kebingungan dalam menentukan waktu yang tepat untuk memberikan MP ASI dan jenis MP ASI yang harus diberikan bagi bayi.

Berikut ini adalah beberapa informasi penting yang harus Ibu ketahui mengenai waktu dan jenis MP ASI yang harus diberikan kepada bayi sesuai dengan usia dan batas pemberiannya.

 

  • Waktu dan Jenis MP ASI untuk Bayi yang Berusia 6-9 Bulan

Jika ibu memiliki bayi berusia sekitar 6-9 bulan, maka MP ASI sudah dapat diberikan untuk memperkenalkan berbagai makanan selain ASI yang dapat dikonsumsi setiap hari. Pada tahap pengenalan ini, ibu dapat memberikan makanan dengan tekstur yang lembut dan lunak agar mudah dikonsumsi dan dicerna oleh bayi, misalnya bubur susu dan bubur saring.

  • Waktu dan Jenis MP ASI untuk Bayi yang Berusia 9-12 Bulan dan > 12 Bulan

Pada usia 9-12 Bulan dan > 12 Bulan, bayi sudah lebih mengenal variasi makanan dan indera pengecapannya pun sudah semakin terlatih. Pada usia tersebut, bayi dapat mulai diberikan makanan dengan tekstur sedikit kasar dengan cara dicincang halus. Ibu dapat mencoba memberikan beberapa jenis makanan, tetapi tetap harus memperhatikan nutrisi dan gizinya.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Apa Saja Menu MP ASI Sederhana untuk Tahap Awal?