DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Aktivitas fisik selama bulan ramadhan, kenapa tidak?

Aktivitas fisik selama bulan ramadhan, kenapa tidak?

Puasa tidaklah menjadi halangan untuk tidak melakukan aktivitas fisik. Walaupun ada perubahan pola makan namun hal tersebut bukanlah menjadi alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Mungkin dalam bayangan, olahraga ketika puasa, perut kosong, tenggorokan kering dan badan lemas rasanya sangat malas sekali. Namun justru dengan berolahraga akan membuat badan menjadi lebih fit ketika berpuasa.

Para pakar kesehatan menyarankan selama berpuasa tetap menjalankan aktivitas fisik seperti olahraga, karena akan banyak sekali manfaat dari aktivitas ini. Gerakan ketika berolahraga bisa merangsang keluarnya hormon anti-insulin yang salah satu manfaatnya adalah melepaskan gula darah sehingga akan membuat tubuh tetap berenergi.

Selain itu, olahraga juga mampu mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening, sehingga detoksifikasi dalam tubuh tetap berjalan lancar.

Selain itu, dengan berolahraga juga akan mengubah lemak tubuh atau energi cadangan menjadi glukosa yang bisa mengusir kantuk, lemas dan malam. Selain itu, tubuh yang melepas hormon endorphin ketika berolahraga bisa membuat kita bahagia dan semangat.

Cukupi Asupan Nutrisi

Sebelum berolahraga ketika puasa, pastikan ketika sahur mengkonsumsi makanan bernutrisi dengan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Pilihlah makanan yang kaya akan serat dan tinggi protein agar gula darah selama puasa bisa turun. Selain itu, asupan nutrisi setelah olahraga juga harus terpenuhi seperti karbohidrat dan protein agar bisa mengembalikan energi dan kinerja otot.

Ada baiknya banyak mengkonsumsi buah segar, sayur dan kurma yang bisa dikonsumsi ketika buka puasa. Kandungan vitamin dan serat pada buah membuat tubuh kita tetap berenergi dan terhindar dari malnutrisi.

Olahraga yang dipilih harus olahraga dengan intensitas ringan dan dilakukan sebelum waktu berbuka puasa. Olahraga yang bisa dilakukan adalah jogging, bersepeda dan yoga. Dan olahraga yang harus dihindari adalah olahraga yang banyak gerakan lompat, seperti basket atau voli. Jangan lakukan olahraga berat yang bisa menguras energi dalam tubuh.

Puasa bukan menjadi halangan untuk tidak melakukan aktivitas. Lakukan aktivitas fisik agar tubuh sehat selama menjalankan ibadah puasa.