Artikel Kegiatan Ngabuburit Sehat

| Dilihat 1616 Kali

Artikel Kegiatan Ngabuburit Sehat
Artikel Kegiatan Ngabuburit Sehat

Sejatinya bulan puasa bukanlah alasan untuk kita bermalas-malasan. Selama berpuasa tentu kita harus tetap beraktivitas seperti biasanya. Oleh sebab itu untuk menunjang aktivitas hari-hari sangat dianjurkan kita untuk menjaga pola makan dan juga menjaga hidup sehat agar kesehatan agar tubuh tetap fit dan sehat selama berpuasa.

Selama puasa, biasanya banyak orang yang ngabuburit atau menunggu adzan magrib. Alangkah baiknya jika ngabuburit dilakukan dengan kegiatan menarik dan bermanfaat. Salah satunya dengan ngabuburit sehat. Ngabuburit sehat dilakukan dengan berolahraga, dan tidak perlu khawatir dehidrasi, justru olahraga tetap dianjurkan meski sedang berpuasa.

 

Anjuran Berolahraga Saat Puasa

Beberapa pakar kesehatan menyarankan agar saat berpuasa sebaiknya tidak meninggalkan olahraga. Sebab dengan tetap berolahraga tubuh menjadi lebih sehat saat puasa. Berolahraga saat puasa tentu berbeda dengan hari biasanya, hanya intensitasnya yang dikurangi. Manfaat berolahraga ketika berpuasa bisa membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan memperlancar metabolisme tubuh sehingga kesehatan masih akan terjaga selama puasa

Waktu terbaik untuk olahraga saat puasa yaitu saat sore hari yang bisa dijadikan sebagai kegiatan ngabuburit sehat. Jika kondisi cuaca tidak memungkinkan, kita bisa melakukan olahraga didalam rumah. Dan berikut adalah 3 olaharaga yang cocok untuk ngabuburit sehat.

Bersepeda

Kegiatan ngabuburit sehat bisa dilakukan dengan bersepeda santai. Bersepeda ketika berpuasa bisa menjaga tubuh agar tidak mudah lesu, selain itu bersepeda juga bisa membuat pikiran lebih tenang dan oksigen yang masuk kedalam tubuh bisa dikontrol lebih mudah.

Jogging

Jogging bisa dijadikan sebagai kegiatan ngabuburit sehat sambil menunggu bedug maghrib. Lakukan intensitas jogging yang ringan. Olahraga ini sangat cocok dilakukan ketika puasa. Lakukan jogging ringan selama 20-30 menit agar tubuh tetap fit dan sehat selama menjalankan ibadah puasa. Yang perlu di ingat adalah melakukan jogging dengan intensitas ringan agar tubuh tidak dehidrasi. walaupun sedang puasa tidak ada salahnya tetap menjalankan gaya hidup sehat

Yoga

Kegiatan ngabuburit sehat selanjutnya adalah dengan yoga. Olahraga ini menjadi salah satu jenis olahraga yang bisa membantu dan mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Selain itu, gerakan yoga juga tidak terlalu menguras energi sehingga menjadikan yoga olaharga yang cocok dilakukan saat puasa.

Itulah 3 kegiatan ngabuburit sehat yang bisa dilakukan agar tubuh juga tetap fit dan sehat selama berpuasa.