Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan

Selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan, biasanya ada beberapa masalah kesehatan yang biasa dihadapi. Masalah kesehatan tersebut biasanya muncul karena tubuh kita kekurangan serat, air dan terlalu banyak mengkonsumsi gorengan.

Selama bulan puasa tentu pola makan kita akan berubah sehingga sangat perlu disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bisa menjalankan aktivitas disiang hari.

Puasa terkadang sering dijadikan alasan untuk tidak bekerja dengan maksimal karena lemas, mengantuk, lesu dan lain sebagainya sehingga menurunkan produktivitas kerja sehari-hari. Selain itu, kondisi tersebut juga muncul akibat perilaku yang tidak sehat yang dilakukan tanpa sadar menjadi kebiasaan selama berpuasa.

Seperti kebiasaan makan sahur yang banyak, makan berlebih ketika berbuka, kurangnya asupan buah dan sayur. Agar lancar dalam menjalankan ibadah puasa dan tubuh tetap sehat, ada 12 Tips Sehat Selama bulan ramadhan yang bisa diterapkan agar tubuh tetap dalam kondisi sehat.

Tips Sehat di Bulan Ramadhan

  1. Berbuka puasa dengan air putih dan mengkonsumsi makanan manis yang berasal dari buah-buahan, kurma dan lain-lain.
  2. Ketika berbuka dan sahur, hidangan minimal harus ada salah satu jenis makanan yang berasal dari 4 kelompok makanan seperti Makanan Pokok (beras, jagung, roti, ubi, dll), Lauk-Pauk (kacang-kacangan, tempe, tahu, ikan, ayam, susu dan hasil olahannya, dll), Sayur (semua jenis sayur-sayuran), dan Buah (semua jenis buah-buahan). Dan buah bisa dikonsumsi setelah shalat tarawih atau menjelang tidur.
  3. Hindari untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan asin setiap hari ketika berbuka dan sahur.
  4. Hindari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak setiap hari, baik ketika berbuka puasa ataupun ketika sahur.
  5. Perbanyak mengkonsumsi air putih 8-10 gelas dari berbuka sampai waktu sahur.
  6. Asap rokok memiliki dampak kesehatan untuk diri sendiri dan orang disekitar anda, hentikan kebiasaan buruk merokok sekarang juga. Bulan puasa bisa menjadi momen tepat untuk berhenti merokok, sehingga nantinya akan lebih mudah untuk meninggalkan prilaku tersebut.
  7. Lakukan aktivitas fisik yang memungkinkan. Bisa dengan olahraga ringan.
  8. Hindari untuk tidak minum minuman beralkohol.
  9. Mengatasi stress bisa dengan memperdalam ilmu agama dan juga memperbanyak ibadah.
  10. Jangan lupa tetap kontrol tekanan darah dengan rutin bagi penderita hipertensi, kontrol gula darah secara teratur bagi penyandang Diabetes, dan kontrol secara rutin untuk penyakit tidak menular lainnya.
  11. Kenali tanda penyakit seperti, hipertensi, hipoglikemi dan gejala penyakit tidak menular lainnya. Kenali juga tanda-tanda kegawatdaruratan penyakit tidak menular yang mungkin terjadi.
  12. Ada baiknya juga menyediakan obat-obatan dirumah seperti untuk Hipertensi, Diabetes, Asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) sesuaikan jadwal minum obat selama bulan puasa

Dan itulah tips sehat selama berpuasa. Semoga dalam menjalankan ibadah puasa tetap diberikan kesehatan sehingga bisa menjalankannya dengan baik dan tetap dukung GERMAS dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dimanapun anda berada.



Artikel Sebelumnya
Pemberdayaan Masyarakat, Sarat akan Makna
Artikel Selanjutnya
Pfizer Dukung Puskesmas Pasar Rebo Dalam Mengedukasi Bahaya Pneumonia