DIREKTORAT PROMOSI KESEHATAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DIREKTORAT JENDERAL KESEHATAN MASYARAKAT
Info Hari

Kesehatan

Tips Mudik Sehat Agar Perjalanan Anda Aman dan Selamat

Tips Mudik Sehat Agar Perjalanan Anda Aman dan Selamat

mudik4Ketika bulan Ramadan tiba maka momen mudik merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu sebelum lebaran tiba. Di Indonesia, mudik seolah sudah menjadi tradisi tersendiri bagi umat Islam yang sedang dalam perantauan dan ingin berkumpul bersama dengan keluarga di hari lebaran.

Selama perjalanan mudik, anda akan menempuh waktu yang cukup panjang sehingga menguras tenaga anda. Agar tubuh anda tetap bertenaga dan fit maka sebaiknya jagalah kesehatan sebelum mudik dengan beristirahat yang cukup serta konsumsi makanan yang bergizi dan sehat.

Selain istirahat dan menjaga pola makan, agar mudik menjelang lebaran semakin lancar dan aman sebetulnya ada beberapa tips mudik sehat yang perlu anda perhatikan. Berikut ini akan dijelaskan tips mudik sehat agar perjalanan aman dan selamat yang perlu anda ketahui. 

Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat

  1. Persiapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik sehingga ketika menempuh perjalanan yang jauh anda tetap dalam kondisi yang fit.
  2. Periksalah kondisi kelayakan kendaraan anda mulai dari kondisi mesin, rem dan fisik kendaraan agar perjalanan anda aman dan nyaman.
  3. Hindari mengkonsumsi minuman keras dan obat yang menyebabkan kantuk baik sebelum atau selama mengemudi kendaraan saat mudik.
  4. Beristirahatlah setiap 4 jam sekali saat di perjalanan agar otot tubuh menjadi rileks dan aliran darah tetap lancar.
  5. Jangan memaksakan diri untuk tetap mengemudi ketika anda merasa lelah dan mengantuk karena bisa berisiko terjadinya kecelakaan akibat kelalaian anda.
  6. Disiplin dan patuh berlalu lintas untuk menjaga ketertiban serta keselamatan diri sendiri maupun orang lain selama di perjalanan.
  7. Kendalikan kecepatan kendaraan anda terutama saat berada di kondisi jalan yang rusak atau bergelombang, cuaca buruk dan saat hujan.
  8. Pastikan kendaraan yang anda gunakan saat mudik tidak membawa muatan barang melebihi beban maksimal kendaraan tersebut.
  9. Gunakanlah masker serta lindungi diri anda dari asap, polusi maupun debu saat berkendara.
  10. Hindari menerima makanan dan minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal selama perjalanan serta menolaknya dengan sopan.
  11. Cucilah tangan anda menggunakan sabun dan air mengalir sebelum maupun sesudah makan.
  12. Biasakan untuk tetap mengkonsumsi makanan serta minuman yang bersih dan sehat baik sebelum atau selama perjalanan mudik.
  13. Buanglah sampah pada tempatnya agar kebersihan serta kesehatan lingkungan tempat anda singgah selama perjalanan mudik tetap terjaga.
  14. Selama di perjalanan mudik, biasakan untuk buang air kecil atau besar di toilet yang tersedia.
  15. Jangan menggunakan gadget saat berkendara karena bisa menurunkan tingkat konsentrasi dan membahayakan keselamatan selama di perjalanan.
  16. Apabila anda sakit, silakan memanfaatkan pos kesehatan terdekat yang biasanya banyak disediakan di pinggir-pinggir jalan sepanjang jalur mudik.

Itulah penjelasan mengenai tips mudik sehat agar aman dan selama yang bisa menambah wawasan anda. Bagi anda yang berencana akan melaksanakan mudik, sebaiknya perlu menerapkan tips tersebut bersama dengan keluarga sehingga mudik anda akan semakin menyenangkan dan selamat sampai tujuan.