Manfaat Hidup Sehat Tanpa Rokok Sebagai Investasi Kesehatan Jangka Panjang

| Dilihat 16016 Kali

Manfaat Hidup Sehat Tanpa Rokok Sebagai Investasi Kesehatan Jangka Panjang
Manfaat Hidup Sehat Tanpa Rokok Sebagai Investasi Kesehatan Jangka Panjang

Apakah anda saat ini merupakan seorang perokok berat? Mungkin sebagian dari anda selama ini sudah sering membaca atau mendengar bahaya merokok bagi kesehatan. Meskipun demikian, untuk bisa lepas dari rokok memang bukanlah hal yang mudah. Tetapi bukan tidak mungkin anda bisa lepas dari rokok. Sebab dengan melakukan beberapa kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari maka secara perlahan anda bisa lepas dari kebiasaan merokok. Untuk itulah jika anda ingin lepas dari kebiasaan merokok maka sebaiknya mulailah perkuat niat dari sekarang serta lakukan hal-hal positif dan menjalankan pola hidup sehat agar keinginan untuk merokok bisa anda hilangkan.

Cara Menghindari Pengaruh untuk Merokok

Bagi anda yang ingin lepas dari kebiasaan merokok, maka harus bisa menjaga diri anda agar tidak mudah terpengaruh untuk merokok. Meskipun hal tersebut sulit namun anda bisa melakukan beberapa cara agar terhindar dari pengaruh rokok diantaranya sebagai berikut.

  1. Hindari berkumpul dengan teman atau orang-orang yang sedang merokok karena hal ini biasanya menjadi godaan yang besar bagi anda untuk ikutan merokok.
  2. Tanamkan dalam diri anda dengan penuh keyakinan bahwa rokok bukanlah satu-satunya sarana pergaulan yang baik. Ada kegiatan lain yang bisa anda lakukan saat bergaul dengan orang lain tentu diisi dengan kegiatan yang lebih positif.
  3. Jangan merasa malu untuk mengatakan bahwa diri anda bukan perokok.
  4. Perbanyaklah informasi seputar bahaya merokok sehingga akan muncul rasa takut tersendiri dari diri anda untuk merokok.
  5. Hindari hal-hal yang berkaitan dengan rokok seperti iklan, rokok gratis, sponsor, dan lain-lain.
  6. Lakukan hal-hal positif lainnya yang lebih bermanfaat seperti membaca buku, olahraga, melakukan hobi, dan lain-lain.

Manfaat Berhenti Merokok

Jika anda masih merasa sulit dan ragu untuk berhenti merokok, sebaiknya perlu mengetahui bahwa akan ada banyak manfaat yang bisa anda peroleh ketika berhasil berhenti merokok. Pastinya manfaat tersebut tidak hanya berdampak baik bagi kesehatan namun juga untuk kehidupan anda. Berikut akan dijelaskan manfaat berhenti merokok yang perlu anda ketahui.

  1. Pada 20 menit pertama tekanan darah, denyut nadi serta aliran darah tepi akan membaik.
  2. 12 jam berhenti merokok maka hampir semua nikotin di dalam tubuh yang terdapat dalam metabolisme serta kadar CO dalam darah akan kembali normal.
  3. 1-2 hari setelah berhenti merokok akan membuat nikotin di dalam tubuh tereliminasi, fungsi indera penciuman dan pengecap akan kembali membaik. Selain itu sistem kardiovaskular juga akan semakin meningkat.
  4. 5 hari berhenti merokok akan membuat metabolit nikotin di dalam tubuh akan menghilang sehingga sistem kardiovaskular lebih meningkat, indera penciuman dan pengecap juga dapat berfungsi dengan baik.
  5. 2-6 minggu berhenti merokok membuat saluran napas dan paru-paru kembali berfungsi dengan baik.
  6. 1 tahun berhenti merokok membuat anda terhindari dari risiko penyakit jantung koroner.
  7. 10 tahun berhenti merokok akan menurunkan risiko kanker paru-paru hingga setengahnya.
  8. Kulit anda akan kembali cerah dan tidak pucat.
  9. Kadar oksigen dalam darah akan kembali normal.

Itulah penjelasan mengenai manfaat berhenti merokok yang perlu anda ketahui. Dengan demikian kini anda tak perlu ragu untuk mencoba berhenti merokok mulai dari sekarang dengan menerapkan perilaku hidup sehat serta menghindari hal-hal yang berkaitan dengan rokok.