7 Tips Ampuh Berhenti Merokok Bagi Anda yang Perokok Berat

| Dilihat 117161 Kali

7 Tips Ampuh Berhenti Merokok Bagi Anda yang Perokok Berat
7 Tips Ampuh Berhenti Merokok Bagi Anda yang Perokok Berat

Tak dapat dipungkiri, merokok sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di seluruh Indonesia terutama para pria.

Meskipun hingga saat ini bahaya merokok sudah banyak disosialisasikan namun tetap saja masih banyak para perokok yang belum mampu meninggalkan kebiasaannya tersebut.

Padahal bahaya merokok tidak hanya bisa berisiko pada perokok aktif saja namun juga para perokok pasif yang terpapar asap rokok secara langsung.

Bagi anda yang saat ini telah menjadi perokok berat dan sulit untuk melepaskan kebiasaan tersebut sebaiknya tak perlu khawatir.

Karena anda masih bisa mencoba untuk melepaskan diri secara perlahan dari ketergantungan rokok supaya bisa benar-benar berhenti merokok.

Nah, untuk membantu anda agar terlepas dari kecanduan rokok, maka berikut ini akan dijelaskan 7 Tips ampuh berhenti merokok yang bisa anda praktikkan mulai dari sekarang. 

Cara Berhenti Merokok yang Ampuh

  1. Bulatkan Tekad Berhenti Merokok
    Tips pertama untuk berhenti merokok adalah dengan memiliki tekad yang kuat dari dalam diri untuk berhenti merokok. Dengan tekad inilah anda bisa meyakinkan diri anda bahwa anda mampu berhenti merokok meskipun hal tersebut dirasa sulit. Tekad yang kuat akan membuat anda tidak mudah tergoda untuk merokok kembali meskipun seberat apapun godaannya.
  2. Membiasakan Berhenti Merokok
    Agar anda bisa berhenti merokok maka sebaiknya mulailah untuk membiasakan diri berhenti merokok secara bertahap dengan mengurangi jumlah rokok yang anda hisap perharinya. Selain itu anda juga bisa mencoba berhenti merokok seketika atau total namun terkadang banyak orang yang masih berat untuk menjalaninya. Tetapi kembali lagi jika tekad sudah kuat maka berhenti merokok seketika bukan menjadi sebuah masalah yang berat.
  3. Kenali Waktu dan Situasi Kapan Sering Merokok
    Dalam hal ini anda harus mengenali kapan biasanya anda paling sering merokok. Dengan demikian anda bisa mengubah kebiasaan sering merokok tersebut dan menggantinya dengan hal-hal positif lain seperti mengkonsumsi permen atau melakukan aktivitas lain.
  4. Mintalah Dukungan dari Keluarga dan Kerabat
    Dukungan dari orang-orang sekitar supaya anda bisa berhenti merokok memang sangatlah penting. Sebab dengan dukungan tersebut anda bisa semakin termotivasi untuk berhenti merokok. Selain itu dukungan orang-orang sekitar juga bisa menjadi pengingat anda ketika godaan ingin merokok muncul kembali.
  5. Tahan Keinginan dengan Menunda
    Jika tiba-tiba muncul keinginan untuk merokok, sebaiknya segera tunda keinginan tersebut maka secara perlahan anda akan melupakan keinginan untuk merokok.
  6. Berolahraga secara Teratur
    Berolahraga bisa menjadi salah satu langkah untuk berhenti merokok. Dengan berolahraga tubuh akan terasa sehat dan bugar serta membantu anda lupa dengan kebiasaan merokok.
  7. Konsultasi dengan Dokter
    Apabila anda merasa masih sulit untuk berhenti merokok maka silakan berkonsultasi dengan dokter. Agar anda dibantu terapi berhenti merokok secara perlahan dan semakin menyadari akan bahaya merokok jangka panjang.

Itulah tadi penjelasan mengenai 7 tips berhenti merokok bagi anda yang sudah kecanduan rokok. Dengan mempraktikkan tips tersebut mulai dari sekarang maka anda bisa belajar berhenti merokok secara perlahan sehingga anda akan terhindar dari bahaya merokok. Semakin cepat anda berhasil lepas dari rokok maka akan ada banyak keuntungan yang menanti anda.