Agar Tubuh Sehat dan Berenergi, Berbuka Puasalah dengan Buah yang Manis dan Segar

| Dilihat 2677 Kali

Agar Tubuh Sehat dan Berenergi, Berbuka Puasalah dengan Buah yang Manis dan Segar
Agar Tubuh Sehat dan Berenergi, Berbuka Puasalah dengan Buah yang Manis dan Segar

Memasuki bulan Ramadan, sebaiknya anda sangat memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat serta asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Hal ini memang sangat penting untuk diperhatikan agar pencernaan dan tubuh anda tetap sehat meskipun nantinya menjalankan ibadah puasa selama 30 hari di bulan Ramadan.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh dr.Eni Gustina MPH selaku Direktur Kesehatan Keluarga Kemenkes RI diketahui bahwa saat berbuka puasa sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang manis sebagai menu utama.

Saat berbuka puasa sebaiknya awali dengan minum air putih hangat terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan makan buah-buahan segar dan manis yang tidak asam. Sedangkan menurut agama Islam sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma saat berbuka puasa.

Sebab buah kurma mengandung karbohidrat dan energi yang sangat bagus untuk mengembalikan energi anda setelah seharian berpuasa.

 Anjuran Saat Berbuka

Namun perlu anda ketahui pula, bahwa ketika berbuka puasa sebaiknya hindari berbuka dengan makanan dalam porsi yang banyak. Hal ini bertujuan agar sistem pencernaan anda mampu melakukan penyesuaian dengan baik setelah seharian diistirahatkan.

Saat berpuasa, kondisi lambung akan kosong selama belasan jam. Bisa dibayangkan jika tiba-tiba diisi dengan makanan yang banyak maka akan membuat kerja lambung menjadi lebih berat sehingga tidak bagus untuk kesehatan pencernaan anda.

Akan lebih baik jika saat berbuka puasa sebaiknya anda berbuka terlebih dahulu dengan porsi yang tidak terlalu banyak.Lalu dilanjutkan dengan salat tarawih, kemudian dilanjutkan dengan makan makanan yang di dalamnya terdapat banyak sayuran.

Sebagian orang mungkin akan takut mudah gemuk ketika makan setelah tarawih padahal tidak ada larangan untuk makan malam sesudah menjalankan ibadah salat tawarih. Makan malam sesudah salat tawarih memang sangat boleh untuk anda lakukan karena anda sudah berpuasa selama seharian.

Mungkin sebagian anda selama ini berpikir bahwa makan malam setelah tarawih akan membuat tubuh lebih cepat gemuk sehingga anda tidak makan malam. Padahal anggapan tersebut justru membuat tubuh anda kurang berenergi.

Cara yang paling baik untuk makan malam setelah tarawih adalah dengan mengatur porsi makan dengan memperbanyak sayur. Dengan demikian sangat disarankan untuk menerapkan porsi makanan yang terdiri dari menu makanan bergizi seimbang. Selain itu biasakan pola makan teratur dalam keseharian anda sehingga pencernaan tetap sehat dan tidak mudah gemuk selama berpuasa.

Tetapi jangan sampai lupa untuk tidak langsung tidur setelah makan malam. Berikan jeda beberapa waktu dengan melakukan aktivitas lainnya setelah makan malam. Namun jangan pula tidur terlalu larut malam agar ketika bangun sahur bisa tepat waktu.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara agar tubuh tetap sehat dan berenergi selama menjalankan ibadah puasa Ramadan. Selain mengkonsumsi buah yang segar dan manis saat berbuka puasa, pastikan mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi meskipun dalam kondisi berpuasa sehingga ibadah anda juga tetap berjalan lancar.